Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Sifat Seorang Wirausaha, Apa Kamu Termasuk?

Kompas.com - 22/02/2024, 19:42 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.comWirausaha adalah pelaku bisnis yang menjalankan bisnis sekaligus membuka peluang bagi orang lain untuk bekerja.

Meskipun membuka peluang baru, nyatanya memulai bisnis juga banyak tantangannya. Jangan sampai kamu gulung tikar karena tidak siap menghadapi kesulitan dunia bisnis.

Sebelum menjadi wirausaha, kamu harus siap secara mental terlebih dahulu. Sebab kamu akan memimpin bisnis, diri sendiri, dan orang lain.

Kini saatnya kamu cari tahu apa saja sifat yang dibutuhkan seorang wirausaha, seperti yang dilansir dari thebalancemoney.com

1. Berani Ambil Risiko

Membuka usaha memiliki peluang keberhasilan dan kegagalan yang sama besar. Oleh karena itu seorang wirausaha harus berani mengambil keputusan.

Jika kamu takut mencoba karena memikirkan risiko gagal, akan sulit nantinya untuk membuat bisnis kamu berkembang.

Kamu juga harus berani terhadap kemungkinan buruk yang bisa terjadi kapan saja. Tidak ada yang menjamin bisnis kamu akan laris dalam waktu yang lama.

Baca juga: Tertarik Membangun Usaha Sendiri? Ketahui 5 Keuntungan Wirausaha

2. Motivasi yang Kuat

Seorang wirausaha memiliki tanggung jawab yang paling besar. Kamu memegang kendali penuh atas bisnis yang kamu bangun.

Motivasi diri adalah dorongan untuk kamu menggapai tujuan. Dengan motivasi dan keinginan yang kuat kamu akan lebih berambisi untuk mengembangkan bisnis.

3. Fleksibel

Tantangan seorang wirausaha adalah waktu yang sulit diprediksi selama berproses. Bisnis mungkin saja baru berkembang dalam sebulan, setahun, bahkan beberapa tahun.

Oleh karena itu wirausaha memerlukan sifat fleksibel. Meskipun tanpa keteraturan, wirausaha diharapkan mampu menyesuaikan dan tidak menyalahkan proses.

Sebagai pemilik bisnis, kamu memiliki kewajiban untuk siap menghadapi beragam situasi setiap harinya.

4. Konsisten dan Berpendirian

Sebelum memulai bisnis, wirausaha akan membuat tujuan yang ingin dicapai. Kamu dapat memikirkan rencana apa yang diambil untuk sampai ke tujuan tersebut.

Namun terkadang strategi yang telah kamu buat perlu penyesuaian ulang di tengah jalan salah bisnis beroperasi. Tidak masalah menggunakan metode yang berbeda selama kamu konsisten dengan tujuan awal bisnis.

Konsisten dapat membuat bisnis berkelanjutan dalam waktu yang lama. Jangan mengganti tujuan awal karena kamu akan kehilangan arah dari bisnismu sendiri.

Baca juga: 4 Tips Penting buat Gen Z yang Mau Jadi Wirausaha Muda

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com