Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Mandiri Mengelola Media Sosial Bisnis tapi Tetap Profesional

Kompas.com - 23/02/2024, 19:53 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di zaman canggih ini, media sosial digandrungi oleh seluruh kalangan. Dari hal tersebut, pebisnis bisa cepat untuk membaca tren.

Saat ini, semua bisnis memanfaatkan media sosial untuk mengenalkan usahanya kepada audiens. Hal tersebut memicu media sosial menjadi hal yang sangat penting bagi suatu bisnis.

Baca juga: 3 Tips Membangun Branding di Media Sosial

Untuk memberikan kesan yang baik kepada audiens, media sosial usaha kamu harus terkesan enak dilihat. Apakah kamu sampai perlu mempunyai orang yang ditugaskan khusus untuk mengelola media sosial?

Jawabannya adalah tidak. Mengapa?

Mengurus media sosial untuk usaha dapat dilakukan sendiri tanpa perlu bergantung kepada social media specialist.

Dilansir dari ukmindonesia.id, berikut merupakan cara simpel mengelola media sosial bisnismu:

1. Lengkapi Profilnya

Salah satu aspek penting dalam membangun brand awareness adalah citra usaha di media sosial. Profil merupakan penampilan pertama yang dilihat oleh pengguna ketika bermain media sosial.

Penampilan profil ini biasanya hanya dilihat sebentar, karena itu kamu harus membuat profil yang berkesan dan semenarik mungkin agar mudah diingat.

Profil media sosial harus mencakup semua informasi dasar secara menyeluruh, termasuk foto profil (biasanya menggunakan logo usaha), domisili, kontak, dan link-link lain yang ingin kamu cantumkan. 

2. Rapikan Feeds Akun

Feeds akun yang rapi akan lebih enak dipandang oleh pengguna media sosial. Hal ini akan menambah kesan profesional bagi akun media sosial usahamu.

Tak perlu pusing mendesain, kamu dapat menggunakan template feeds media sosial gratis di banyak website atau aplikasi desain. Kamu tinggal memilih apa yang cocok dengan usahamu.

3. Gunakan Hastag yang Menunjang

Hastag sangat berpengaruh bagi suatu postingan konten akun media sosial. Menggunakan hastag yang menunjang akan memperbesar peluang, postinganmu berpotensi di timeline atau FYP pengguna lain di luar pengikutmu. 

Maka pastikan kamu selalu menambahkan hastag di tiap postingan yang Anda upload.

4. Konsisten Upload Konten

Semakin banyak postinganmu, semakin besar juga peluang kontenmu untuk keluar di timeline atau FYP. Hal ini akan membuat pengguna media sosial menemukan usaha kamu.

Maka, sangat penting untuk rajin dan konsisten untuk sering mengupload konten di media sosial. Namun perlu dicatat, unggahlah konten yang menarik. Tidak perlu selalu berhubungan dengan produk atau layanan usahamu. Kamu dapat mengkreasikan konten yang kekinian untuk nantinya dinikmati oleh audiens.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com