Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Grand Opening saat Memulai Usaha, Simak Manfaatnya...

Kompas.com - 26/02/2024, 20:00 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Salah satu momentum yang paling ditunggu saat berbisnis adalah hari pertama membuka bisnis itu sendiri. Ya, kali pertama memperkenalkan bisnis kamu di hadapan masyarakat umum.

Tradisi para pebisnis saat membuka bisnis adalah dengan menggelar grand opening. Pembukaan bisnis atau yang biasa disebut grand opening adalah kegiatan mengundang publik dengan tujuan meresmikan dan memperkenalkan produk atau usaha baru.

Grand opening berbeda dengan soft opening. Grand opening mengundang banyak orang dari berbagai latar belakang dan kegiatan ini baru diselenggarakan saat bisnis kamu sudah layak untuk ditampilkan di wajah publik.

Sementara soft opening adalah kegiatan uji coba sebelum melakukan grand opening. Kamu bisa mengundang kerabat dekat dan keluarga untuk melihat kinerja karyawan sebelum benar-benar berinteraksi langsung dengan banyak pelanggan pada grand opening.

Grand opening sangat penting untuk membangun citra awal perusahaan. Pelanggan melihat grand opening sebagai wajah perusahaan melalui produk dan pelayanan usaha.

Ada banyak manfaat yang kamu peroleh saat berhasil menyelenggarakan grand opening dengan baik, seperti yang dilansir dari indeed.com.

1. Memperkenalkan produk

Saat grand opening tentu saja kamu akan memperkenalkan kepada khalayak umum mengenai produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Kamu bisa menarik perhatian dengan cara membuat pelanggan terkesan. Jika pelanggan menyukai produkmu saat grand opening, mereka akan kembali lagi untuk membelinya.

Baca juga: Cara Tingkatkan Brand Awareness Bisnis Kuliner, Sudah Tahu?

Itulah sebabnya kamu perlu memastikan produk dan pelayanan yang kamu berikan pada saat grand opening tersorot dengan positif.

Maksimalkan uji coba grand opening dengan soft opening terlebih dahulu untuk menghindari kesalahan minor. Ini akan berguna sebagai awal yang baik untuk memperkenalkan usaha kamu.

2. Membangun Branding

Kamu akan menunjukkan wajah perusahaan pada saat grand opening. Ini adalah saat yang tepat untuk menyampaikan kepada masyarakat mengenai keunggulan perusahaan kamu.

Tunjukkanlah dedikasi kamu dalam membangun bisnis ini. Dengan begitu kamu akan mendapat kepercayaan pelanggan.

Branding yang dibangun pada saat grand opening akan berdampak pada keberlangsungan usaha kamu di hari-hari berikutnya. Branding yang memuaskan hati pelanggan tentunya dapat mendukung penjualan bisnis.

3. Memperluas networking

Grand opening tidak selalu berfokus pada hasil penjualan. Justru grand opening ini dimanfaatkan sebagai peluang untuk memperluas hubungan dengan banyak pihak.

Baca juga: 4 Langkah Memperluas Jaringan Bisnis

Kamu bisa bertemu dengan pelanggan, komunitas, stakeholder, influencer, bahkan calon investor. Maksimalkan kegiatan ini untuk kenal lebih dekat dengan orang-orang penting.

Jangan lupa untuk bersikap ramah dan menunjukkan loyalitas penuh pada saat grand opening.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com