Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pilihan Marketing Gratis untuk Bisnis selain Media Sosial

Kompas.com - 03/03/2024, 11:17 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Para pemilik dan pelaku UMKM umumnya memiliki budget pemasaran yang bisa dibilang cukup terbatas. Hal ini membuat banyak dari mereka tak punya kesempatan untuk menggunakan iklan promosi berbayar.

Namun, tak perlu khawatir karena menggunakan marketing gratisan pun ternyata juga bisa memberikan hasil efektif untuk pemasaran bisnis. Dilansir dari Cermati.com, berikut 5 pilihan marketing gratis yang bisa digunakan selain media sosial:

1. Poster atau Selebaran

Pilihan marketing gratis pertama yang tak kalah efektif dari media sosial adalah poster atau selebaran. Anda bisa menempelkan poster maupun membagikan selebaran di sekitar tempat usaha atau bisnis tersebut.

Hal ini bisa jadi cara yang cukup efektif untuk menarik perhatian calon konsumen yang ada di sekitar tempat tersebut. Pastikan untuk membuat selebaran atau poster semenarik mungkin.

Jangan lupa perhatikan isi atau pesan yang dibagikan memuat informasi yang relevan dengan kebutuhan calon konsumen yang dibidik (target market).

2. Menjadi Sponsor Komunitas Lokal

Selanjutnya pilihan marketing selain media sosial yang bisa dicoba adalah dengan menjadi sponsor untuk berbagai kegiatan komunitas lokal. Dengan aktif menjadi pendukung atau sponsor dari acara yang diadakan komunitas lokal, nyatanya cukup efektif.

Salah satunya membantu meningkatkan brand awareness, terutama di kalangan anggota komunitas tersebut. Bahkan, acara tersebut juga bisa menjadi peluang untuk menghasilkan penjualan secara langsung dari event yang diadakan komunitas tersebut.

Apalagi teknik pemasaran word of mouth hingga saat ini juga terbilang masih cukup efektif. Apalagi saat seseorang sudah memiliki persepsi yang positif terhadap bisnis Anda. Nantinya mereka tidak akan segan untuk merekomendasikan bisnis tersebut ke orang-orang yang dikenalnya.

3. Membuat Press Release di Koran Lokal

Pilihan selanjutnya adalah dengan membuat press release. Hal ini penting ketika bisnis Anda memiliki suatu informasi penting dan menarik untuk diberitakan. Maka tidak ada salahnya untuk membuat press release dan mengirimkannya ke koran lokal.

Umumnya, banyak koran-koran lokal yang menawarkan space untuk sejumlah bisnis yang ingin beriklan secara gratis. Tentunya cara ini tak boleh dilewatkan karena bisa membantu meningkatkan jangkauan pasar yang jauh lebih luas.

Baca juga: Langkah - langkah Menerapkan Strategi Pemasarn Kedai Kopi

4. Rutin Update Blog Bisnis

Pilihan marketing gratis lainnya untuk meningkatkan bisnis adalah melalui blog. Ini merupakan sebuah media yang cocok sebagai tempat untuk mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan produk bisnis.

Anda bisa menuliskan informasi tentang produk yang akan ditawarkan melalui artikel. Dengan begitu, audiens yang membacanya akan semakin mengenal produk, sehingga bisa memunculkan ketertarikan.

Jika Anda tak memiliki anggaran yang cukup untuk membayar jasa optimasi SEO, tidak masalah. Karena Anda bisa memulai menulis di blog sendiri secara teratur dan konsisten. Jangan lupa riset topik yang sesuai dengan bisnis agar bisa menarik minat audiens untuk berkunjung ke blog.

5. Bergabung di Forum atau Komunitas Online

Pilihan terakhir marketing gratis selanjutnya ini tak kalah menarik untuk dicoba, yaitu bergabung di sebuah forum atau komunitas online. Keberadaan Anda di forum dan komunitas online bisa memberikan banyak keuntungan untuk pemasaran bisnis.

Terlebih di era media sosial yang semakin berkembang seperti saat ini, pastinya semakin banyak orang mengakses beragam informasi melalui internet. Anda tak perlu harus terus berbicara atau menjual bisnis di komunitas online secara agresif.

Anda hanya cukup bergabung dan menjadi anggota di forum atau komunitas online yang sesuai dengan bisnis. Kemudian menjalin pertemanan dengan para anggota di komunitas tersebut. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah mendatangkan calon konsumen potensial untuk bisnis.

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Kompas.com dengan Cermati.com. Isi artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Cermati.com

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com