Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Daftar SATU Indonesia Awards Astra? Berikut Kriteria Penilaiannya

Kompas.com - 05/03/2024, 08:30 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, Kompas.com - SATU Indonesia Awards ke-15 kembali diadakan oleh Astra pada tahun 2024 ini. Melalui program ini, anak muda bisa mendaftarkan program mereka yang bermanfaat lalu diseleksi untuk menjadi pemenang oleh dewan juri. 

Program ini diresmikan dalam acara Kick Off 15th SATU Indonesia Awards 2024 pada Senin (4/3/2024). Terdapat sesi Astra Talk yang menghadirkan dua dewan juri dan salah satu pemenang SATU Indonesia Awards 2023.

Tri Mumpuni, salah satu dewan juri dan pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan, mengatakan program yang didaftarkan harus dapat memberikan dampak sosial bagi lingkungan sekitarnya, baik sosial dan ekonomi. 

Baca juga: Astra Luncurkan SATU Indonesia Awards 2024, Raline Shah dan Dian Sastro Jadi Juri

"Anak-anak muda yang pernah bergabung di SATU Indonesia Awards selalu menjadi pemenang di segala zaman. Bekerja dalam sunyi, tetapi memberi makna dan arti," kata dia, Senin (4/3/2024). 

Sementara itu Diah Suran Febrianti, juri sekaligus Head of Environment and Social Responsibility Astra memaparkan ada hal-hal yang akan dinilai dari peserta SATU Indonesia Awards 2024 ini. 

Diah mengatakan ada lima hal yang akan dinilai. Pertama, yaitu motif peserta mengadakan kegiatan, termasuk latar belakang kegiatan dan siapa sasaran dari kegiatan peserta. Kedua, yaitu besarnya hambatan dan tantangan yang dihadapi peserta. 

Baca juga: Astra Cari Anak-anak Muda yang Berkontribusi ke Masyarakat lewat SATU Indonesia Award

Ketiga, dewan juri juga akan melihat outcome atau hasil dari kegiatan. Keempat, juri juga akan melihat seberapa luas dampak atau paparan dari kegiatan yang dilakukan oleh peserta. 

"Terakhir, kami juga akan menilai apakah kegiatan peserta mempunyai nilai keberlanjutan. Artinya, kegiatan peserta akan dilanjutkan untuk jangka panjang dan persiapan apa saja yang sudah dilakukan untuk keberlanjutan itu," lanjutnya. 

Pada akhir acara Kick Off 15th SATU Indonesia Awards 2024, pihak Astra mengimbau untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait SATU Indonesia Awards 2024 pada laman www.astra.co.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com