Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong UMKM Masuki Pasar Ekspor, BNI Gelar Forum Eksportir

Kompas.com - 11/03/2024, 12:15 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) melalui program BNI Xpora yang mengadakan BNI Exporters Forum untuk memberi informasi dan wawasan terkait prospek pasar ekspor pada pelaku UMKM.

Dalam acara ini, BNI Xpora menggandeng Ditjen Bea dan Cukai, Kementerian Luar Negeri, dan Kementerian Perdagangan serta menghadirkan 50 UMKM.

Direktur Ritel Banking BNI Corina Leyla Karnalies mengatakan bahwa UMKM harus didorong kapasitas dan kapabilitasnya dalam berusaha karena memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Salah satu cara untuk meningkatkan skala usaha adalah dengan maju ke pasar ekspor. Oleh karena itu, mereka perlu dukungan berupa pendampingan, pelatihan, dan pembiayaan," ujar Corina dalam keterangan resmi, pekan lalu.

Baca juga: Upaya PLN Dukung UMKM Naik Kelas, Ajak Ikut Bazaar dan Beri Pelatihan

Dia mengungkapkan bahwa melalui pemaparan narasumber, diharapkan para pelaku UMKM dapat memperoleh informasi mengenai prospek pasar, peraturan, dan regulasi ekspor di berbagai negara.

Tidak hanya itu, para pelaku UMKM juga diberi pemahaman terkait transaksi finansial dan transaksi ekspor. Kemudian juga mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru agar UMKM dapat ekspor ke pasar global.

Corina kemudian menambahkan BNI Exporters Forum merupakan wujud komitmen BNI untuk membantu meningkatkan kualitas UMKM.  Diharapkan nantinya UMKM mampu bersaing baik di dalam negeri maupun luar negeri.

"BNI akan terus berinovasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk memberikan solusi terbaik bagi para pelaku UMKM," ucapnya.

Baca juga: Dukung UMKM Ambon Ciptakan Produk Unggul, BRIN Beri Pelatihan Pengolahan Ikan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com