Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Keuntungan Menyusun Perencanaan untuk Bisnis

Kompas.com - 29/03/2024, 11:15 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebelum memulai usaha kamu memerpukan perencanaan bisnis agar nantinya usaha milikmu dapat terorganisir dengan baik. 

Selain itu, perencanaan bisnis juga penting untuk memetakan keuangan, jumlah karyawan yang diperlukan, dan inovasi-inovasi yang akan diwujudkan. 

Supaya kamu lebih yakin dalam melakukan perencanaan bisnis, kamu dapat menyimak keuntungan perencanaan bisnis berikut ini. Artikel berikut telah dirangkum Kompas.com dari entrepreneur.com.

Baca juga: 3 Perencanaan Penting yang Dibutuhkan untuk Memulai Bisnis Kecil

1. Memperjelas Tujuan Bisnismu 

Perencanaan bisnis dapat memetakan tujuan yang akan dicapai oleh usaha milikmu. Dengan menyusun perencanaan bisnis, tujuan tersebut tidak hanya sekadar bayangan di kepala.

Jika tidak dicatat dalam perencanaan, keputusan bisnis yang kamu buat  bisa saja goyah dari tujuan bisnismu sebelumnya.

Perencanaan bisnis dapat digunakan untuk menyusun rencana-rencana bisnis yang harus kamu lakukan. Selain itu, perencanaan bisnis juga dapat mengetahui kebutuhan yang diperlukan oleh usahamu. 

Baca juga: 5 Langkah Sederhana Membuat Rencana Bisnis Rumahan

2. Menjadi Pertimbangan dalam Membeli Kebutuhan Produksi 

Ketika akan membeli kebutuhan produksi, perlu adanya perencanaan bisnis untuk memperkirakan jumlah barang yang ingin kamu beli. Selain itu, bisa juga sebagai pertimbangan perlu atau tidaknya suatu barang dibelanjakan untuk kelancaran bisnismu. 

Hal ini akan bisa membantu kamu untuk menyeleksi barang-barang yang benar-benar dibutuhkan. Perencanaan bisnis tersebut juga nantinya dapat menyelamatkan budget keuangan kamu agar tidak banyak terkuras.

3. Berguna Saat Proses Rekrutmen Karyawan

Jangan salah, perencanaan bisnis yang matang nantinya juga akan berguna saat proses rekrutmen karyawan. Kamu dapat menjelaskan perencanaan bisnismu secara matang kepada kandidat karyawan. 

Baca juga: Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Membuat Rencana Bisnis

Apabila kamu memiliki perencanaan bisnis yang bagus dan mudah dipahami, nantinya kandidat karyawan akan semakin yakin untuk bekerja denganmu. Hal ini tentu menguntungkan karena akan mempermudah kamu memperoleh sumber daya manusia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com