Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Hijrahfood Meatshop Menjaga Kualitas Daging untuk Pesanan Online

Kompas.com - 26/04/2024, 22:00 WIB
Alfiana Rosyidah,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengingat lauk pauk sebagai kebutuhan sehari-hari dalam rumah tangga, peluang bisnis ini rupanya terbuka lebar. Salah satunya adalah bisnis daging yang sudah siap untuk dimasak.

Peluang ini dimanfaatkan oleh Hijrahfood Meatshop untuk membuka bisnis daging. Produk yang dijual pun beragam, mulai dari daging slice hingga daging rendang. Mereka juga menjamin kualitas daging yang tetap segar saat sampai di tangan konsumen.

Dalam acara "Media Gathering: Halal Bihalal dan Bicara Tren Belanja Online Ramadan 2024" yang diselenggarakan oleh Tokopedia, Kompas.com berkesempatan berbincang dengan Akram Amrullah Rajab, pemilik Hijrahfood Meatshop. 

Baca juga: 6 Tips Memulai Bisnis Daging Beku untuk Pemula

Ketika berbincang, Akram menyampaikan cara Hijrahfood Meatshop menjaga kualitas daging saat pengiriman online. Terutama ketika dikirim ke daerah yang berbeda pulau.

Gunakan Ice Gel Pack

Dikarenakan daging adalah lauk pauk yang harus fresh saat akan diolah, Akram menyiapkan pengemasan dengan menggunakan ice gel pack. Menurut Akram, cara ini akan tetap menjaga kesegaran daging saat sampai di tangan konsumen. 

"Penggunaan ice gel pack ini membantu untuk menjaga daging tetap fresh hingga sampai ke tangan konsumen. Bahkan untuk pengiriman yang instan atau sameday," lanjut Akram saat berbincang dengan Kompas.com pada Kamis (25/4/2024).

Baca juga: Ramah Lingkungan, Ini 5 Ide Bisnis Wadah Daging Kurban Selain Kresek

Lebih lanjut, Akram menyebut penggunaan ice gel pack dapat membantu daging lebih segar selama lima hingga enam jam. 

"Dengan menggunakan ice gel pack, daging kami tetap segar selama lima sampai enam jam. Apalagi untuk pengiriman instan yang dua sampai 3 jam. Jadi masih aman," ucapnya.

Disediakan Freezer di Hub Ekspedisi

Selain pengiriman secara instan atau sameday, Hijrahfood Meatshop juga mengirimkan produk ke daerah yang lebih jauh. Bahkan hingga ke luar Pulau Jawa, seperti Pulau Sumatera. 

Baca juga: Tips Sukses Berbisnis dari Importir Daging Beromzet Miliaran Rupiah

Dengan pengiriman ke tempat yang lebih jauh, tentu Akram juga harus menemukan cara agar daging tetap segar hingga tiba di tujuan. Ia lalu mengungkapkan strateginya saat bercakap-cakap dengan Kompas.com. 

"Kalau untuk pengiriman ke luar pulau, misalnya Pulau Sumatera, hub ekspedisi biasanya menyediakan freezer untuk daging-daging kami," tutur Akram. 

Selain itu, ada cara lain yang digunakan Akram untuk menjaga tetap segar saat pengiriman ke pulau lain. Ia memanfaatkan sterofoam dan ice gel pack. 

Baca juga: Tips Memulai Usaha Salad Bar, dari Jaga Kesegaran Bahan hingga Soal Penyajian

"Selain itu, kami juga ada cara lain. Daging-daging yang akan dikirim kami simpan dalam sterofoam lalu diberi ice gel pack," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com