Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Es Campur Ko Acia Beberkan Rahasia Bisnisnya Bertahan hingga Puluhan Tahun

Kompas.com - 03/05/2024, 13:31 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Es Campur Ko Acia merupakan usaha es campur yang populer dan legendaris. Berdiri sejak tahun 1980, Es Campur Ko Acia masih menjadi kecintaan para pelanggan setianya hingga saat ini.

Mengelola bisnis hingga bisa bertahan dalam jangka panjang seperti itu, tentu membutuhkan strategi dan komitmen yang kuat. Sang owner, Nio Nguan Lie, alias Suyanto (70), mempunyai cara uniknya sendiri.

Baca juga: 5 Tips Mempertahankan Bisnis di Masa Sulit, Pelaku Usaha Harus Tahu

Ia telah melalui berbagai kesulitan dan pergantian zaman, dan berhasil mengatasinya. Berikut empat tips dari Suyanto untuk mempertahankan bisnisnya selama ini dan sukses menjadi bisnis yang legendaris;

1. Buka Setiap Hari

Dari dulu hingga saat ini, Suyanto selalu berjualan setiap hari dari pagi hingga sore. Hal itu memperlihatkan komitmennya kepada pelanggan, yaitu selalu menyediakan permintaan mereka.

Dengan buka setiap hari, Anda bisa mendapatkan penjualan yang maksimal. Pelanggan pun tak perlu khawatir untuk datang ke sana, karena Es Campur Ko Acia akan selalu buka untuk pelanggannya.

Anda bisa bandingkan usaha yang buka setiap hari dengan usaha yang buka semau owner-nya. Usaha yang buka setiap hari cenderung akan bisa bertahan lebih lama.

2. Cara bisnis yang Sehat

Salah satu tips dari Suyanto adalah dengan menjalankan bisnis dengan cara yang sehat. Sebuah bisnis adalah proses yang sama sekali bukan instan.

Anda tidak bisa mengambil jalan pintas dengan mempercepatnya dengan cara yang tidak baik. Suyanto bisa berhasil seperti ini pun mulai dari kegagalan dan semangatnya untuk bangkit kembali.

Ia pernah berjualan es campur di Pontianak, Kalimantan, tetapi gagal karena sepinya pembeli dan tidak ada omzetnya. Namun, dengan usahanya bermigrasi ke Jakarta dan membukanya di lokasi yang tepat, ia berhasil menciptakan Es Campur Ko Acia dan sukses membesarkannya hingga saat ini. 

Selain dengan cara yang sehat, ia juga berpesan untuk bersaing dengan kompetitor dengan cara yang sehat juga. Jangan lakukan hal curang atau menjatuhkan kompetitor Anda.

Suatu hal yang dilakukan dengan cara salah ataupun curang, tidak akan bertahan lama.

Baca juga: Berjualan Sejak 1980, Ini Kisah Bisnis Legendaris Es Campur Ko Acia

3. Rasa yang Enak dan Bersih

Rasa yang enak akan selalu diingat pembeli. Rasa itu pula yang akan membuat pelanggan kembali kepada Anda.

Suyanto menggunakan bahan yang berkualitas baik dan sudah terbukti enak. Pelanggannya akhirnya selalu kembali ke Es Campur Ko Acia, karena merasa es campur Ko Acia berbeda dan mereka sudah cocok dengan rasanya.

Selain itu, kebersihan juga perlu dijaga. Suyanto selalu menerapkan kebersihan, karena bisnisnya merupakan bisnis F&B, yang sangat sensitif dengan permasalahan kebersihan.

4. Tidak Boleh Malas dan Bosan

Jika Anda sudah serius dan berkomitmen untuk menjalankan bisnis Anda dan mempunyai tujuan untuk mempertahankannya, pantang untuk merasa malas dan bosan akan bisnis tersebut.

Untuk mempertahankan bisnis Anda agar dapat bertahan lama, Suyanto menekankan untuk selalu tekun dalam menjalankan bisnis yang kita miliki.

Rasa bosan dan malas itu akan mengakibatkan dampak yang negatif, seperti Anda lelah untuk mengoperasikan bisnis Anda dan berujung pada menutupnya.

Padahal jika Anda terus tekun dan rajin menjalankan bisnis Anda, maka bisnis akan bisa bertahan, meskipun di sekeliling Anda, bisnis yang serupa mulai tutup atau berganti ke bisnis lain.

Baca juga: Tips Mempertahankan Bisnis Fesyen ala Owner Trick & Tricky

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com