Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siasat Helwa Batik Buat Penonton Auto Check Out saat Live TikTok

Kompas.com - 04/05/2024, 22:00 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

PEKALONGAN, KOMPAS.com - Pengguna TikTok pasti sudah tak asing lagi melihat live streaming berjualan. Pasalnya, berjualan di live TikTok memang sedang hits belakangan ini, bahkan terbilang menjanjikan.

Seperti cerita owner Helwa Batik Store dan Helwa For Men, Rayyan Ajami yang juga memanfaatkan live streaming untuk berjualan. Pada tahun 2020, sebenarnya Rayyan sudah rutin live streaming di platform Shopee.

Memasuki tahun 2022, Rayyan mulai mencoba live TikTok. Rayyan mengaku, engagement (istilah interaksi antara brand dan audiens dalam pemasaran digital dan media sosial) di kedua platform ini ternyata berbeda meskipun keduanya memiliki jumlah viewers yang sama saat live streaming.

Baca juga: Cerita Rayyan Jadi Pebisnis Muda Setelah Lulus SMA, Caranya Ala Gen Z

Peluang Live Streaming TikTok

"Setelah mencoba keduanya, menurutku sulitnya live di Shopee itu engagement-nya kurang tinggi. Ibaratnya kalau aku live 10.000 penonton Shopee dan live 10.000 penonton TikTok, omzetnya berbeda jauh, lebih banyak di TikTok," ungkap Rayyan kepada Kompas.com, Rabu (1/5/2024).

Menurut Rayyan, hal ini bisa terjadi karena platform TikTok didukung dengan konten-konten yang bisa menaikkan minat dan kepercayaan pembeli. Dengan melihat konten tersebut, peluang pembeli untuk check out payment ternyata bisa lebih tinggi.

Bahkan, pengguna TikTok yang sedang scrolling juga bisa langsung check out jika tertarik dengan konten tersebut. Itulah sebabnya konten menjadi salah satu kunci utama dalam berbisnis di platform TikTok.

Rayyan mengungkapkan ada dua metode yang mengantarkan check out terbanyak di TikTok, yaitu dari konten dan live streaming. Rayyan memiliki strategi untuk menaikkan salah satunya dan menjadikan yang lain sebagai pendukung.

Helwa Batik For MenDok. Helwa Batik Helwa Batik For Men

Fokus ke Konten atau Live Streaming

Sebab, sulit untuk menaklukkan kedua algoritma ini jika ingin konten dan live streaming sama-sama naik. Biasanya, hanya salah satu yang bisa dimaksimalkan.

"Kalau di TikTok kita fokus di dua arah, itu justru susah banget ngangkat algoritmanya. Nggak mungkin ramai dua-duanya, pasti salah satunya sepi. Aku juga sudah lihat banyak brand besar yang juga seperti ini, kontennya viral tapi live-nya sepi," ujar Rayyan.

"Jadi harus fokus di salah satu dan yang lainnya pendukung. Misalnya fokus di live, berarti buat kontennya untuk mengarahkan viewers bergabung ke live," imbuhnya.

Rayyan mengaku memang tricky untuk membuat penonton betah di live streaming. Rayyan tentunya memaksimalkan visual live agar penonton nyaman dengan kamera yang jernih, cahaya ruangan yang terang, internet yang lancar, background dan display produk yang tertata, serta audio yang jelas.

Baca juga: Jastip Lewat Live Streaming Warnai Little Bangkok Tanah Abang

Flash Sale Bikin Auto Check Out

Salah satu jurus jitu yang digunakan Rayyan untuk mendongkrak penonton adalah dengan metode flash sale. Biasanya penonton hanya bertahan satu hingga dua menit saja. Sekiranya penonton mulai menurun, Rayyan akan mulai mengadakan flash sale.

Selain itu, komentar di konten dan live streaming ternyata juga bisa mempengaruhi engagement. Melalui flash sale, biasanya komentar akan ikut ramai. Ini juga cara Rayyan untuk memancing kembali respon dan auntias penonton.

"Biasanya aku bilang 'kalian setuju enggak kalau produk ini aku flash sale jadi Rp 90.000? Tapi kalau kalian pada komen setuju baru aku flash sale'. Nah, komentarnya jadi ramai lagi dan menaikkan penonton," kata Rayyan.

Flash sale biasanya berlangsung selama beberapa menit saja, selama waktu tersebut produk yang dijual akan turun harga.

Rayyan sendiri tidak masalah kehilangan untung sedikit dalam beberapa menit saja. Karena setelah itu jumlah penonton dan penjualan bisa kembali naik.

Tidak heran penonton bisa langsung auto check out saat live streaming dengan metode flash sale ini. Berbeda platform memang berbeda pula algoritmanya. Namun, bisnis online tetap menjanjikan di era digital seperti saat ini.

Kamu yang tertarik jualan di live streaming TikTok, boleh coba tips dari cerita Rayyan ya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com