Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Rekan Bisnis

Kompas.com - 10/05/2024, 10:30 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Menjalankan bisnis seorang diri akan lebih menantang dan berisiko. Pasalnya, Anda harus mengurus semua hal sendirian, termasuk dalam menghadapi masalah yang mungkin muncul.

Untuk memperkecil risiko, Anda bisa mempertimbangkan untuk memiliki seorang rekan bsinis.

Satu orang pelaku usaha tentu tidak bisa menjadi ahli dalam segala hal, maka dibutuhkan orang lain untuk membantunya menutupi serta mengisi kekosongan atas hal yang tidak dikuasai.

Baca juga: 5 Hal Penting yang Perlu Diingat Saat Memiliki Partner Bisnis

Pembagian peran dengan rekan bisnis juga bisa membantu Anda mendapatkan gagasan atau pandangan baru. Dua kepala seringkali lebih baik daripada satu, ketika harus membuat suatu keputusan bisnis.

Namun, partner yang dipilih untuk menjalankan bisnis pun harus tepat. Berikut tips mencari rekan bisnis yang perlu diperhatikan.

1. Kecocokan antara Anda dan Rekan Bisnis

Lebih mudah menemukan rekan bisnis yang berbakat dalam bisnis atau yang memiliki latar belakang bagus, daripada rekan yang cocok, sesuai, dan ‘klop’ dengan Anda.

Cara terbaik untuk mengetahui apakah rekan bisnis Anda cocok adalah dengan membicarakan tujuan bisnis Anda, gaya kerja, dan visi misi jangka panjang. Dengan tujuan yang sama, maka akan meghindari konflik di masa depan.

2. Rekan Mempunyai Pengalaman Bisnis

Pastikan rekan bisnis yang ingin Anda ajak kerja sama pernah turun langsung ke dalam dunia bisnis, entah itu keuangan, pemasaran, atau hal yang lainnya.

Teori saja tidak cukup, mereka harus mempunyai pengalaman, serta keterampilan dalam berbisnis.

Sebagai contoh, jika Anda lemah dalam mengelola keuangan bisnis, maka Anda perlu bekerja sama dengan orang yang mempunyai pengetahuan (latar belakang pendidikan) dan pengalaman. Setidaknya dengan salah satu kriteria tersebut, Anda bisa memfilter rekan bisnis yang tepat.

Baca juga: 3 Manfaat Melakukan Kolaborasi untuk Bisnis

3. Finansial Stabil

Menjalankan bisnis akan selalu berhubungan dengan uang. Bisnis mempunyai risiko tinggi secara finansial, seperti kerugian atau modal yang tidak mumpuni.

Jadi, Anda tentu tidak ingin bermitra dengan seseorang yang sedang berjuang dengan keuangan pribadi mereka bukan? Mereka dapat menimbulkan masalah di kemudian hari, seperti korupsi atau hal yang lebih buruk.

Oleh karena itu, penting untuk mencegahnya terjadi, dengan memilih rekan bisnis yang keuangan pribadinya stabil.

Selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com