Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buat Content Marketing di Youtube? Mari Simak 4 Tips Ini

Kompas.com - 13/05/2024, 14:44 WIB
Alfiana Rosyidah,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Strategi pemilik usaha untuk mendapatkan pelanggan di masa sekarang, yaitu dengan membuat konten promosi (content marketing). Para pebisnis bisa menggunakan media sosial seperti Instagram, TikTok, Facebook, bahkan YouTube. 

Konten yang dibuat biasanya berupa proses pembuatan produk atau ajakan untuk membeli suatu produk. Biasanya, konten dibuat berdasarkan konsep video yang sedang trending, termasuk dalam pemilihan sound

Konsep konten tersebut bisa juga kamu terapkan dalam platform YouTube. Apalagi YouTube saat ini juga sudah menghadirkan YouTube Shorts untuk video-video pendek. 

Baca juga: Strategi Promosi Produk Lewat YouTube yang Anda Harus Tahu

Namun, bagi kamu yang ingin membuat video dalam durasi yang panjang, kamu bisa menyimak tips berikut ini. Kompas.com telah merangkumnya dari situs entrepreneur.com

1. Mengenalkan Profil Usaha 

Cara untuk memperoleh audiens dalam platform YouTube yaitu dengan mengenalkan profil usaha kamu. Misalnya, kamu sebagai pemilik usaha menceritakan perjalanan bisnismu, motivasi awal, latar belakangmu sebagai pebisnis, dan sebagainya. 

Dengan awalan perkenalan perjalanan bisnis, audiens akan tidak bosan dan tidak menganggap video kontenmu sebagai iklan semata. Setelah itu, kamu bisa menyebutkan ciri khas dari bisnismu dan mempromosikan produk unggulan yang kamu jual.

Baca juga: 11 Tips Ampuh Promosikan Produk UMKM Lewat Youtube

2. Buat Konten yang Informatif

Selanjutnya, kamu bisa membuat konten-konten yang informatif pada audiens. Misalnya, kamu sebagai pemilik bisnis tas rajut, kamu bisa membuat konten tutorial merajut bagi pemula. 

Kamu juga dapat membuat konten tips berbisnis, tips manajemen produk usaha, cara memanfaatkan aplikasi untuk berbisnis, dan sebagainya. Banyak ide konten informatif yang bisa kamu gali lebih dalam. 

Membuat konten-konten informatif akan membantu para audiens dalam kehidupan mereka sehari-hari. Cara ini juga secara tidak langsung membantu branding bisnis kamu agar dikenal oleh banyak orang. 

Baca juga: Pentingnya Engagement di Media Sosial, Pelaku Usaha Wajib Tahu!

3. Pengenalan Produk Baru Lalu Arahkan ke Toko Online

Saat kamu meluncurkan produk baru, kamu bisa membuat video konsep lalu diunggah dalam YouTube. Buatlah video konsep yang menarik dan eye-catcthing untuk disimak oleh audiens. 

Tunjukkan juga cara menggunakan produk kamu, keunggulan produk, dan bahan baku yang digunakan. Misalnya, kamu bisa menyebut bahan baku produkmu bersifat ramah lingkungan dan tidak menggunakan animal testing.

Menjelang akhir video, kamu bisa mengarahkan audiens untuk mengunjungi toko online kamu. Beri informasi nama toko atau arahkan mereka untuk klik tautan di box deskripsi.

Baca juga: 6 Cara Mandiri Mengelola Media Sosial Bisnis tapi Tetap Profesional

4. Buat Konten Tips atau Cara Memakai Produk

Tips terakhir yaitu kamu bisa membuat konten tips memakai produk secara maksimal atau cara penggunaan produk yang benar. Apalagi, jika kamu merintis bisnis skincare atau make up, kamu bisa buat konten seperti ini.

Tidak terbatas pada skincare dan make-up, pemilik usaha tas multifungsi, dompet, dan lainnya juga bisa menerapkan cara ini. Konten tips akan mempermudah dan memberikan informasi pada mereka yang masih bingung cara memakai produkmu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com