Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 4 Keuntungan dari Kemasan Produk yang Menarik Perhatian Konsumen

Kompas.com - 15/05/2024, 12:00 WIB
Alfiana Rosyidah,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam menjalankan bisnis suatu produk, kemasan adalah sesuatu yang penting dan menjadi dasar dari citra suatu usaha. Melalui kemasan, pelanggan akan memperoleh first impression mereka terhadap bisnismu. 

Untuk membuat kemasan yang baik, kamu bisa mencari referensi di media sosial atau platform lainnya. Bahkan, kamu juga bisa membuat kemasan secara minimalis dengan hanya ada tambahan pernak pernik tertentu. 

Bentuk dan kreativitas kemasan dapat kamu sesuaikan dengan produk yang kamu luncurkan. Asalkan, kemasanmu terlihat menarik dan tidak asal-asalan karena akan banyak keuntungan yang akan kamu dapat. 

Baca juga: Ini Cara Owner Umels Box Dapatkan Pelanggan Bisnis Kemasan

Mari simak artikel berikut yang telah dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber untuk mengetahui keuntungan dari kemasan produk yang menarik. 

Dapat Terlihat Mencolok

Kemasan yang menarik perhatian pelanggan, tentu akan membuat produkmu menjadi mencolok diantara produk-produk yang lain. Apalagi di saat yang sama, tiap usaha berlomba-lomba untuk menunjukkan produk mereka pada para pembeli. 

Manfaatkan kemasan yang menarik untuk menjadi yang paling menonjol atau mencolok di mata pembeli. Coba gunakan kemasan yang kaya akan warna dan tidak terbatas pada hitam atau putih saja.

Baca juga: 3 Ide Kemasan Sabun Batang Organik

Memengaruhi Minat Pelanggan untuk Membeli Produkmu

Tidak jarang orang membeli suatu produk karena tertarik dengan kemasannya. Hal ini menunjukkan bahwa kemasan yang menarik akan memengaruhi keputusan seseorang untuk membeli produkmu atau tidak. 

Jadi saat menggali ide untuk kemasan, kamu harus memastikan bahwa produkmu akan mengundang minat orang-orang. Caranya kamu bisa mengikuti tren kemasan sesuai dengan zamannya. 

Misalnya untuk saat ini, banyak sekali kemasan dengan model yang minimalis atau menggunakan typoghraphy yang tebal untuk nama produk. Kamu juga bisa menggunakan produk yang mengusung tema ramah lingkungan. 

Baca juga: 7 Kiat Sukses Bisnis Jasa Pembuatan Desain Kemasan Makanan dan Minuman

Kemasan adalah Alat Marketing yang Efektif

Teknik marketing tidak hanya bisa kamu lakukan di media sosial seperti Instagram, TikTok, Facebook, dan lainnya, melainkan juga bisa melakukannya secara offline melalui bazaar atau pameran. 

Saat pameran atau bazaar inilah kamu bisa menjadikan kemasan sebagai alat marketing yang efektif. Kemasan yang menarik akan membuat pengunjung menghampiri stand bazaarmu dan bisa juga mereka langsung membelinya. 

Tidak hanya saat bazaar, kemasan juga bisa menjadi alat marketing ketika berada di platform online. Misalnya melalui e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia. Foto kemasan yang menarik bisa mengundang perhatian pembeli. 

Baca juga: 3 Tips Memilih Kemasan untuk Produk Kuliner bagi UKM

Menjadi Ciri Khas Merek

Suatu merek dapat langsung dikenal oleh masyarakat karena memiliki ciri khas. Ada merek yang menjadikan maskot sebagai ciri khas. Bahkan, juga ada yang mengenal suatu merek dari kemasan mereka. 

Oleh karena itu, kemasan yang unik, menarik, dan beda dari yang lain akan membuat merekmu mudah diingat oleh orang banyak. Dengan melihat kemasanmu saja, mereka akan tahu bahwa produk tersebut berasal dari merek yang kamu rintis. 

Kemudian, orang-orang akan menjadi lebih peka jika ada kemasan produk yang identik dengan merekmu. Mereka akan bisa membedakan mana kemasan yang berasal dari merekmu dan mana yang bukan. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com