Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memulai dan Mengembangkan Bisnis ‘Custom’ Motor

Kompas.com - 21/05/2024, 16:05 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Kepopuleran motor custom membuka peluang bisnis yang bisa sangat menguntungkan. Karena keunikannya, motor custom bahkan jadi tren yang mulai mencuri perhatian banyak kalangan.

Motor custom pun berkembang tak hanya untuk ajang lomba atau kontes saja tapi juga pemakaian sehari-hari.

Proses custom motor sendiri bukan sekedar mengubah bentuknya saja tapi bisa sampai meng-upgrade spesifikasi motor tersebut. Hal ini tentu membutuhkan biaya yang tak sedikit, hingga banyak penggemar motor yang memilih membeli motor modif yang sudah ready.

Ditambah lagi popularitas motor custom saat ini juga meningkat cukup pesat. Hal inilah yang membuat bisnis custom motor semakin dilirik karena peluangnya yang cukup menjanjikan. Terlebih jika dikelola secara serius dengan perencanaan yang matang.

Sebelum benar-benar yakin untuk memulai bisnis custom motor, penting untuk memahami hal-hal terkait dengan bisnis tersebut.

Tertarik dengan bisnis yang berhubungan dengan modifikasi motor alias custom? Jika iya, simak beberapa tips memulai dan mengembangkan bisnis custom motor berikut ini dari Cermati.com yang bisa Anda coba:

1. Kembangkan Koneksi yang Lebih Luas

Di dalam sebuah usaha, keberadaan koneksi dan relasi menjadi hal yang cukup penting untuk mengembangkan jangkauan bisnis yang dijalankan. Hal ini juga akan sangat bermanfaat terutama untuk membantu strategi promosi bisnis.

Selain itu, memiliki banyak relasi juga sangat bagus dalam memperoleh referensi custom motor yang dibutuhkan. Sehingga produk custom motor yang ditawarkan jadi lebih beragam dan bisa memenuhi kebutuhan atau permintaan pelanggan.

Salah satu cara untuk mengembangkan koneksi yang lebih luas adalah dengan bergabung komunitas custom motor.

Jika memungkinkan, bergabunglah dengan banyak komunitas sekaligus agar semakin memperluas koneksi. Dengan begitu, jangkauan bisnis juga bisa bertambah semakin besar.

2. Buat Sample Produk yang Berkualitas

Tips penting selanjutnya untuk mengembangkan bisnis custom motor adalah dengan membuat portofolio produk jadi atau sample. Pasalnya, keberadaan sample motor custom bisa menjadi magnet yang mampu menarik perhatian dan minat calon konsumen.

Dengan begitu, bisa membangkitkan keinginan calon konsumen untuk melakukan pembelian atau transaksi lainnya.

Selain juga tentunya sample produk jadi bisa turut meningkatkan kredibilitas bisnis custom motor yang dimiliki. Karena calon konsumen bisa melihat secara langsung contoh motor custom yang dihasilkan.

Oleh karena itu, pastikan untuk membuat sample produk custom motor yang benar-benar berkualitas.

3. Upgrade Bisnis dengan Inovasi

Bisnis custom motor merupakan lahan usaha yang bisa dibilang tak adanya matinya alias selalu berkembang. Ini karena tren dalam custom motor selalu mengalami perubahan dan banyak tren-tren baru yang bermunculan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com