Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kewalahan Mengelola Keuangan Bisnis? Pertimbangkan Pakai Software Akuntansi

Kompas.com - 22/05/2024, 10:21 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sistem keuangan bisnis perlu diberi perhatian lebih, karena pengelolaan keuangan mempengaruhi semua operasional bisnis mulai dari pembelian bahan baku, menggaji tenaga kerja, penghitungan keuntungan bersih dan masih banyak lagi.

Sebagai owner bisnis kecil atau menengah, apakah Anda sempat mengatur pengelolaan keuangan?

Jawabannya mungkin iya, tetapi pengelolaan keuangannya tidak secara cepat dan tepat. Dikarenakan waktu Anda pasti telah habis di produksi atau pemasaran bisnis Anda.

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Manajemen Keuangan bagi Sebuah Bisnis

Pengelolaan keuangan bisnis yang tak diatur atau bahkan diabaikan, akan beresiko fatal seperti kebangkrutan. Maka, jika Anda tak sempat untuk mengelolanya sendiri, Anda bisa pertimbangkan untuk menggunakan software (perangkat lunak) akuntansi, yaitu aplikasi atau sistem pengelolaan keuangan bisnis.

Harga yang dibayarkan akan jauh lebih murah dibanding merekrut seorang akuntan. Tidak hanya menguntungkan dari segi biaya, menggunakan software akuntansi keuangan bisnis juga akan membantu usaha mikro atau kecil yang tidak terorganisir keuangannya atau tidak paham masalah akuntansi.

Dilansir dari Entrepreneur, berikut alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk memakai software akuntansi bisnis:

1. Menghemat Waktu dan Tenaga

Menghitung pengeluaran, pemasukan, pembuatan faktur, dan laporan bulanan atau tahunan sebuah bisnis secara manual adalah tugas yang sangat melelahkan dan membuang banyak waktu.

Dengan menggunakan software akuntansi, Anda hanya perlu menginput data dan tinggal meng-kliknya saja. Software akuntansi akan memenuhi permintaan Anda dengan cepat. Misal Anda ingin memeriksa laporan harian, mingguan, atau bahkan tahunan atau melihat pengeluaran dan pemasukan bisnis.

Anda dapat menyimpan energi untuk menggunakan waktu Anda dalam mengurus sektor bisnis yang lain atau melakukan hal yang lain di luar bisnis.

2. Mengurangi Human-Error

Pekerjaan yang dilakukan manusia kerap dapat terjadi kesalahan (human-eror). Biasanya dalam akuntansi, kesalahan terjadi karena salahnya entri atau data yang diinput.

Kesalahan dalam penghitungan akan menyebabkan kepusingan apalagi dalam keuangan bisnis. Transaksi yang terjadi dalam bisnis bukan dalam jumlah nominal yang kecil, tetapi jutaan. Bayangkan jika Anda perlu menghitung ulang karena satu kesalahan kecil?

Sangat tidak efektif dan efisien. Dengan perangkat lunak akuntansi, secara signifikan akan mengurangi dan bahkan mencegah resiko ini.

3. Menambah Wawasan Anda

Selain membantu permasalahan keuangan bisnis, software akuntansi juga bisa memberikan Anda pengetahuan tambahan. Software akuntansi dapat mengubah data keuangan mentah bisnis Anda menjadi wawasan yang bermanfaat bagi Anda maupun bisnis Anda.

Dengan beberapa klik, Anda dapat melacak arus kas Anda secara real time, menganalisis pendapatan dan pengeluaran berdasarkan kategori dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

Baca juga: Simak 5 Tips Mengelola Keuangan untuk UMKM

Dari data-data yang otomatis tersimpan seperti manajemen inventaris, alokasi modal, atau data-data lain yang, Anda bisa membuat keputusan bisnis atau menentukan langkah yang akan Anda ambil selanjutnya.

4. Meningkatkan Efisiensi

Perangkat lunak akuntansi dapat menghilangkan aktivitas entri data manual, tugas berulang, dan sistem berbasis kertas. Anda bisa menyimpan biaya Anda yang tadinya dibutuhkan untuk membeli buku atau kwitansi. Nilai plus-nya Anda bisa menjadi bisnis yang ramah lingkungan

Selain itu, software berbasis cloud akan lebih mudah diakses dan sering kali terintegrasi dengan program penting lainnya. Jadi jika Anda ingin memeriksa ulang, Anda hanya tinggal meng-klik tombolnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com