Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keuntungan Owner Memiliki Sifat Visioner Terhadap Bisnis yang Dijalankan

Kompas.com - 26/05/2024, 20:14 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Menjadi seorang wirausaha perlu memiliki sifat visioner. Mengapa demikian? Karena dengan sifat visioner tersebut bisa membuat bisnis lebih unggul dibandingkan bisnis lain yang tidak bisa mempersiapkan diri menghadapi masa mendatang.

Singkatnya, visioner adalah cara pandang dan wawasan terhadap masa depan. Seseorang yang memiliki sifat visioner lebih mampu membaca potensi-potensi di hari esok, sehingga dia bisa mempersiapkan strategi dan mengambil satu langkah lebih maju dibandingkan para pesaingnya.

Biasanya seorang pengusaha yang memiliki sifat visioner akan memaksimalkan peluang yang dimiliki perusahaan. Misalnya dalam sebulan kedepan dia melihat bahwa suatu produk akan banyak permintaannya karena memasuki satu momen tertentu, maka pengusaha tersebut akan bersiap membuat ide produk dan promosi semaksimal mungkin.

Baca juga: Karyawan Bekerja Tidak Sesuai Ekspektasi? Lakukan Hal ini

Sehingga sifat visioner ini bisa sangat menguntungkan perusahaan dalam jangka panjang. Berikut ini beberapa keuntungannya seperti yang dilansir dari Gramedia.com,

Mampu Membuat Rencana Sistematis

Keuntungan yang pertama adalah seorang pengusaha yang visioner adalah dia bisa menyusun rencana secara sistematis. Dengan prediksi dan analisis, kamu bisa menyusun strategi untuk mengembangkan bisnis kamu di masa mendatang.

Rencana yang sistematis artinya memiliki tata cara dan perhitungan waktu yang tepat. Untuk itu, dibutuhkan sifat visioner yang bisa membaca situasi dan keadaan setiap kemungkinan di depan.

Misalnya sebelum meluncurkan produk baru, kamu bisa memprediksi promosi seperti apa yang sedang banyak diminati orang.

Siapa Key Opinion Leader (KOL) yang saat ini banyak mendapat perhatian masyarakat untuk mempromosikan produk tersebut agar lebih mudah diketahui publik. Kemudian tanggal berapa produk itu diluncurkan.

Untuk itu seorang dengan sifat visioner sangat berperan dalam menyusun rencana bisnis.

Baca juga: 5 Alasan Perlu Melakukan Benchmarking dalam Bisnis

Berpikir Kritis dan Dinamis

Seseorang yang visioner tentunya terbiasa berpikir kritis dan dinamis. Sifat visioner akan membuat seorang pengusaha terus berprogres untuk menghadirkan ide dan inovasi baru yang lebih unggul di hari mendatang.

Mampu kritis menghadapi situasi dan dinamis mengikuti pergerakan zaman adalah keuntungan dari pengusaha yang memiliki sifat visioner.

Misalnya saat seseorang berbisnis fesyen, maka butuh kemampuan untuk melihat tren fesyen yang akan datang, dilanjutkan dengan kritis dalam membuat produk tersebut agar banyak peminatnya.

Berpikir dinamis artinya bisa bergerak menyesuaikan diri. Tren fesyen yang perputarannya cepat dan memungkinkan para pelaku industri ini terus bergerak mengikuti minat pasar.

Kedua pola pikir ini akan terbentuk ketika seseorang memiliki sifat visioner tersebut.

Baca juga: Mengapa Bisnis Memerlukan Laporan Akuntansi? Simak Penjelasannya

Lebih Unggul Dari Pesaing Lain

Keuntungan dari bisnis dengan seorang visioner di dalamnya adalah tentunya lebih unggul. Baik itu dari segi pemikiran, produk, strategi, dan cara mereka menghadapi hambatan.

Bisnis yang bisa mengambil peluang bisnis di hari mendatang tentunya lebih siap dengan perencanaan yang matang. Ini membuat bisnis kamu lebih maju.

Banyak pengusaha yang tidak bisa memanfaatkan situasi dan melihat peluang di masa depan, lama-kelamaan ini bisa berdampak pada bisnis yang tidak bisa berkembang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com