Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Visa Bekali Keterampilan Digital untuk UKM Perempuan dan Generasi Muda di Indonesia

Kompas.com - 30/05/2024, 20:00 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Visa membekali pelaku UKM perempuan dan generasi muda di Asia Tenggara dengan keterampilan digital. Berdasarkan laporan OECD tahun 2019, banyak perempuan yang masih terhambat dalam memanfaatkan opsi digital.

Sehubungan dengan hal ini, Visa membantu kemajuan UKM yang dipimpin oleh perempuan dan populasi muda untuk meningkatkan literasi digital dan keuangan mereka. Pada tahun 2023, Visa Foundation telah mendukung 10 juta UKM di Asia Pasifik, dengan sebanyak dua juta UKM yang dipimpin oleh perempuan.

Baca juga: Visa Siapkan 100 Juta Dollar AS untuk Berdayakan UKM

Vice Chair Chief People and Corporate Affairs Officer Visa, Kelly Tullier mengatakan, Visa berdedikasi untuk memberdayakan perempuan dalam menjalankan usaha kecil.

Visa bekerjasama dengan lembaga pemerintah dan lembaga keuangan mikro untuk mendukung bisnis lokal dan membantu ekonomi digital berkembang.

Regional President Asia Pasifik Visa, Stephen Karpin menuturkan, perempuan dan generasi muda merupakan penggerak dan pendorong pertumbuhan ekonomi lokal di Indonesia.

Dengan memanfaatkan sumber daya dan jaringan, Visa memberikan kontribusi di mana mereka beroperasi termasuk Indonesia untuk mendorong inklusi digital dan keuangan.

"Sebagai mitra kunci dalam ekosistem keuangan Asia Tenggara, Visa berkomitmen untuk menjangkau komunitas yang palingnkurang terlayani, dan memastikan mereka juga dapat memperoleh manfaat dari ekonomi digital," ujar Stephen dalam keterangan resminya

Baca juga: Dukung Pelaku UMKM Perempuan Go Digital, Visa Luncurkan Program Ibu Berbagi Bijak

Sejak diluncurkan pada tahun 2017, program literasi keuangan "Ibu Berbagi Bijak" telah diikuti lebih dari 1.400 perempuan di Indonesia melalui lokakarya, pemdampingan, dan business matching.

Selain itu, kolaborasi Visa Foundation dengan UN Women dan Swiss Association for Entrepreneurs in Emerging Markets telah menghasilkan program yang mendukung perusahaan perawatan yang dipimpin perempuan.

Melalui pelatihan bisnis, bimbingan, akses ke jaringan dan keuangan, program ini memberikan dampak kepada lebih dari 27.000 penerima manfaat.

Baca juga: Visa Gandeng Kadin Tingkatkan Literasi Keuangan bagi UMKM Indonesia

Visa sebagai pemimpin global dalam solusi pembayaran telah berkomitmen terhadap sasaran dampak sosial dan menghasilkan pemberdayaan digital bagi 67 juta UKM di seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com