Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Bisnis Rumahan? Ini Tips Perencanaan Marketing yang Bisa Dicoba

Kompas.com - 01/06/2024, 07:00 WIB
Alfiana Rosyidah,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Supaya produkmu dapat terjual dan sampai pada target pasar yang direncanakan, kamu membutuhkan suatu perencanaan marketing atau pemasaran. Hal ini perlu diperhatikan agar kamu memiliki acuan dalam mempromosikan suatu produk. 

Tidak hanya bisnis yang berskala besar, kamu sebagai pebisnis rumahan juga bisa membuat perencanaan marketing. Sebab, kamu juga membutuhkan promosi sebagai sarana menarik perhatian orang-orang untuk membeli produkmu. 

Nah, supaya nanti strategi marketing dapat tepat sasaran dan mencapai hasil yang diinginkan, kamu bisa menyimak artikel berikut yang dirangkum dari thebalancemoney.com. 

Baca juga: 3 Keuntungan Menyusun Perencanaan untuk Bisnis

Perhatikan Detail Keadaan Bisnismu Saat Ini

Saat akan membuat perencanaan marketing, sebaiknya kamu mengetahui kondisi bisnismu secara detail. Kamu bisa melihat seberapa jauh perkembangan produk yang telah terjual, jumlah kompetitor, dan banyaknya audiens yang menyimak konten buatanmu. 

Berkaca dari refleksi tersebut, kamu bisa mulai mengatur strategi marketing yang dibutuhkan. Apabila ternyata jumlah audiens di media sosial tidak berkembang, kamu bisa memikirkan strategi lain untuk menarik minat audiens dan calon pembeli. 

Namun, bagi kamu yang memang sedang merintis bisnis dari awal, kamu bisa menyusun beberapa teknik marketing. Setelah itu, amati perkembangannya dalam jangka waktu tertentu. 

Baca juga: 3 Perencanaan Penting yang Dibutuhkan untuk Memulai Bisnis Kecil

Pastikan Kembali Target Pasarmu

Supaya teknik marketing dapat menyasar pada calon pembeli yang tepat, sebaiknya kamu pastikan kembali target pasar dari produkmu. Sebab, target pasar yang berbeda akan menghasilkan cara promosi yang berbeda pula. 

Misalnya, kamu saat ini sedang merintis bisnis skincare. Maka, target pasarmu adalah orang-orang yang membutuhkan solusi atas persoalan kulit wajah. Teknik marketing yang bisa kamu lakukan yaitu masuk dalam komunitas skincare atau endorse seorang beauty influencer. 

Selain itu, target pasar yang spesifik dan jelas akan membantu kamu menyusun pesan yang akan disampaikan. Misalnya ketika membuat konten promosi atau menulis caption di unggahan media sosial. 

Baca juga: 5 Tips Membuat Rencana Pemasaran Bisnis

Buat Target Pencapaian yang Spesifik

Nah, agar nantinya kamu dapat memilih teknik marketing yang sesuai, sebaiknya buatlah target pencapaian yang spesifik. Target yang spesifik akan membantu kamu memantau perkembangan dan pengaruh marketing bisnismu terhadap penjualan produk. 

Contoh target pencapaian yang spesifik yaitu jumlah audiens dalam satu unggahan, jumlah likes, jumlah views, dan jumlah followers. Bisa juga dengan melihat jumlah produk yang terjual di e-commerce

Dengan demikian, kamu akan lebih mudah untuk melihat perkembangan bisnismu secara jelas. Kamu pun bisa memantau target tersebut dalam jangka waktu tertentu, lalu kamu bisa menyimpulkan adanya perkembangan yang positif atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com