Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Memaksimalkan Metode Live Streaming di Media Sosial

Kompas.com - 10/06/2024, 13:00 WIB
Alfiana Rosyidah,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Metode live streaming saat ini banyak digunakan oleh para pebisnis di media sosial. Live streaming dipilih karena mampu untuk meningkatkan penjualan produk dan memdekatkan konsumen dengan brand

Pada masa sekarang, sudah banyak aplikasi media sosial yang memiliki fitur live untuk mendukung metode live streaming suatu usaha. Aplikasi yang sering dipakai yaitu TikTok Live, Instagram Live, dan Facebook Live. 

Karena bertujuan untuk meningkatkan penjualan, maka perlu upaya yang maksimal untuk melakukan live streaming. Cara memaksimalkan live streaming untuk bisnis bisa kamu simak dalam artikel berikut yang telah dilansir dari business.com.

Baca juga: 4 Keuntungan Melakukan Live Streaming, Pelaku Usaha Harus Tahu

Perhatikan Kebutuhan Konsumen

Sama halnya ketika akan membuat suatu produk, kamu perlu memperhatikan kebutuhan konsumen. Buatlah konsep live streaming yang menyesuaikan dengan minat pasar sehingga nantinya kamu akan memperoleh banyak audiens. 

Nantinya, kebutuhan konsumen akan memengaruhi model live streaming yang kamu gunakan. Jika konsumen sedang membutuhkan cara penggunaan produk dengan baik dan benar, kamu bisa mengadakan live streaming dengan topik tersebut. 

Begitupula ketika konsumen membutuhkan informasi produk terbaru, penjelasan kualitas produk, dan sebagainya. Kamu bisa menyesuaikan model live streaming sesuai dengan kebutuhan mereka. 

Baca juga: Mengenal Plus dan Minus Live Streaming

Live Streaming Juga Butuh Pengumuman

Tidak hanya pemasaran produk yang membutuhkan iklan, live streaming yang kamu adakan juga perlu untuk diiklankan. Jangan berharap notifikasi live yang muncul di akun audiens akan membuat mereka langsung menonton. Buatlah semacam pengumumannya terlebih dahulu. 

Kamu bisa mengumumkan live streaming di akun media sosial bisnismu. Coba buat poster tentang live streaming yang akan kamu selenggarakan beserta informasi waktu dan narasumber. 

Dengan informasi tersebut, konsumen yang akan menyimak live streaming dapat mengosongkan jadwal mereka. Selain itu, live streaming bisnismu juga akan diketahui oleh orang banyak dan mungkin bisa menarik minat mereka. 

Baca juga: Tips Jualan Produk UMKM Lewat Live Streaming Media Sosial

Berinteraksi dengan Audiens

Hal yang tidak kalah penting yaitu berinteraksi dengan audiens live streaming. Ketika live streaming segera dimulai, cobalah menyapa audiens yang sudah hadir. Kamu bisa berbasa-basi dengan menanyakan kabar, seberapa antusias mereka, dan sebagainya.

Dengan melakukan interaksi, audiens akan merasa dianggap kehadirannya dan merasa lebih dekat dengan pemilik brand. Mereka juga akan semakin merasa senang jika diberi kesempatan untuk bertanya dalam live streaming

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com