Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 3 Manfaat Menggunakan Content Calendar untuk Konten Bisnis

Kompas.com - 11/06/2024, 15:00 WIB
Alfiana Rosyidah,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Supaya proses pembuatan dan perilisan konten berjalan lancar, kamu perlu untuk membuat content calendarTim marketing yang berada dalam bisnis juga biasa menggunakan cara ini demi kelancaran produksi konten mereka. 

Dalam content calendar, kamu bisa menambahkan tenggat waktu pengerjaan konten, tanggal rilis, nama penulis, serta nama editor. Bahkan, kamu juga bisa menambahkan fitur notifikasi reminder agar tidak terlewat. 

Kalau kamu masih ragu menggunakan content calendar, sebaiknya kamu menyimak artikel berikut ini. Kompas.com telah merangkum tiga manfaat membuat content calendar yang dilansir dari businessnewsdaily.com

Baca juga: Ini 4 Cara Menyusun Content Calendar untuk Pebisnis Pemula

Membuat Kualitas Konten Lebih Baik

Manfaat pertama yang akan kamu rasakan dari membuat content calendar, yaitu adanya kualitas konten yang lebih baik. Hal ini disebabkan karena membuat content calendar perlu merencanakan pembuatan konten dengan sangat matang. 

Oleh karena itu, perencanaan yang semakin matang dan detail akan membuat kualitas konten meningkat. Tim konten juga semakin serius untuk merencanakan dan mengerjakan konten demi naiknya penjualan usaha. 

Jadi, membuat content calendar akan membawa dampak baik bagi bisnismu. Namun, pastikan tim kontenmu selalu mengerjakan konten sesuai tenggat waktunya, ya. 

Baca juga: 5 Ide Konten Media Sosial yang Menarik untuk Bisnis Kuliner

Membantu Tetap Konsisten

Terkadang pembuatan konten untuk bisnis seringkali mengalami inkonsisten. Perilisan konten menjadi tidak teratur dan berakibat pada turunnya engagement audiens. Selain itu, terkadang isi konten juga menjadi asal-asalan dan tidak informatif. 

Dengan adanya content calendar, kamu akan dapat memperhatikan adanya konsistensi jadwal rilis dan isi dari konten tersebut. Sebab, dalam content calendar kamu tidak hanya memanfaatkan notifikasi pengingat, tetapi juga menambahkan rencana konten secara detail. 

Melalui content calendar, kamu akan bisa memantau perilisan konten agar tetap berada di jadwal yang seharusnya. Content calendar juga akan membantu kamu untuk memeriksa kesesuaian konten dengan perencanaan yang sudah dibuat. 

Baca juga: 4 Ide Konten untuk Promosi Produk di Tiktok

Efisiensi Waktu

Karena content calendar berisi tenggat waktu pengerjaan dan rancangan konten secara detail, tim kontenmu akan lebih efisien dalam membuat perencanaan konten. Mereka tidak perlu stres untuk memikirkan ide konten setiap harinya. 

Hal ini disebabkan content calendar sudah berisi rencana konten untuk beberapa minggu kedepan, bahkan untuk satu bulan. Jadi, tim konten cukup menyusun ide-ide ketika di awal bulan atau minggu berikutnya. 

Inilah tiga manfaat yang akan kamu rasakan setelah membuat content calendar. Jangan sampai kamu melewatkan tiga manfaat ini untuk menguntungkan bisnismu. Selamat mencoba. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com