Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kelebihan Strategi Pemasaran Menggunakan AI, Termasuk Lebih Efisien

Kompas.com - 17/06/2024, 11:31 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber Indeed

KOMPAS.com - Saat ini kehadiran Artificial Intelligence (AI) bisa memudahkan banyak kegiatan manusia. Mulai dari memudahkan kegiatan edukasi hingga kegiatan bisnis, yang bisa lebih praktis menggunakan AI.

Cara kerja AI yang cepat dan ringkas membuat banyak pekerjaan lebih mudah terselesaikan.

Dalam bisnis, tidak jarang AI digunakan untuk mencari informasi, menganalisis, membuat produk desain dan editing, hingga menyusun strategi bisnis.

AI juga kerap digunakan dalam pemasaran bisnis, seperti membuat copywriting dan merancang pemasaran.

Selain itu, AI juga memiliki berbagai manfaat untuk strategi pemasaran bisnis. Simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: Tahun 2024, AI Diprediksi jadi Tulang Punggung Strategi Pemasaran Digital

1. Kerja Lebih Efisien

AI yang pada dasarnya cepat dan praktis tentu bisa menghemat waktu, tenaga, dan pikiran. AI yang bekerja otomatis memproses suatu perintah dari penggunanya, bisa menyelesaikan banyak tugas dalam waktu singkat.

Kehadiran AI untuk menyusun strategi pemasaran juga memungkinkan tim kerja lebih efisien dengan berfokus pada pekerjaan yang lebih besar dan menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kecil menggunakan AI.

Sebagai contoh, AI bisa digunakan untuk menulis copywriting pemasaran di saat tim yang lain mengerjakan tugas editing video konten promosi. Dengan begitu, dua tugas ini bisa selesai secara bersamaan.

2. Hemat Biaya

Kegunaan AI dalam bisnis juga bisa menghemat biaya perusahaan. Jika sedang terdesak dan butuh hasil yang cepat, AI bisa digunakan untuk menganalisis data konsumen tanpa perlu membayar seorang data analisis.

Baca juga: Memulai Bisnis Lebih Mudah dengan Bantuan AI, Ini 5 Manfaatnya

Menganalisis data konsumen juga diperlukan dalam strategi pemasaran, tujuannya adalah untuk mengetahui beberapa hal, seperti minat pasar dan tingkat pembelian.

Dengan menggunakan AI, kamu bisa memasukkan data dan AI akan menjelaskan kesimpulan dari analisis data tersebut.

3. Memunculkan Ide dan Inovasi

Strategi pemasaran tentu perlu diimbangi dengan ide-ide kreatif, agar pemasaran bisa efektif menarik banyak pembeli. Ada kalanya, pelaku usaha atau tim pemasaran tidak memiliki ide segar untuk merancang strategi pemasaran.

Dengan menggunakan bantuan AI, kamu bisa mencari ide-ide baru untuk memasarkan produk. Bahkan, mungkin saja melahirkan inovasi baru yang membuat produk kamu semakin diminati konsumen.

AI dengan database informasi yang luas, memungkinkan kamu mengembangkan ide dan menyusun strategi pemasaran yang menarik, yang mungkin saja belum pernah terpikirkan olehmu sebelumnya.

Baca juga: 3 Cara Menggunakan AI untuk Pertumbuhan Bisnis

4. Perusahaan Tetap Kompetitif

Keuntungan lain dari melibatkan AI dalam strategi pemasaran adalah perusahaan bisa mengikuti perkembangan digital saat ini.

Kompetitor tentu sudah banyak yang juga menggunakan teknologi AI ini, oleh sebab itu, penting bagi pelaku usaha untuk bisa menggunakan AI, agar tetap kompetitif dengan menggunakan teknologi digital yang ada.

Tidak jarang informasi dan strategi dari AI juga merupakan data terbaru yang paling relevan, sehingga perusahaan kamu tetap bisa update mengikuti perkembangan. Hal ini penting untuk strategi pemasaran bisnis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com