Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Sukses Merancang Strategi Market Positioning, Termasuk Tonjolkan Keunggulan Produk

Kompas.com - 21/06/2024, 14:05 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Market positioning adalah strategi pemasaran untuk menempatkan produk di benak konsumen, agar lebih diutamakan oleh konsumen dibandingkan dengan produk pesaing lainnya.

Singkatnya, strategi ini adalah bagaimana suatu bisnis bisa dipandang unik dan berbeda.

Strategi market positioning perlu dirancang dengan cermat, karena tujuan utama dari strategi ini adalah membuat brand kamu unik dan paling berkesan di mata konsumen.

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat merancang strategi market positioning, agar efektif dan sukses. Simak penjelasannya.

Baca juga: 3 Manfaat Menggunakan Strategi Flash Sale bagi Pelaku Usaha

1. Ketahui Keunggulan Produk

Untuk membuat produk kamu lebih terlihat dibandingkan dengan pesaing, maka kamu perlu ketahui apa keunggulan produk kamu.

Setiap produk bisnis tentu memiliki keunggulan dan kelemahan, yang harus kamu lakukan adalah menonjolkan keunggulan produk kamu.

Kamu bisa memperkuat strategi market positioning dengan menawarkan keunggulan produkmu yang tidak dimiliki di pesaing lain.

Dengan begitu, mereka akan langsung teringat dan mengutamakan produk kamu dibandingkan dengan produk lain.

2. Memiliki Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar juga memengaruhi tingkat keberhasilan strategi market positioning.

Pasalnya, jika kamu memiliki segmentasi pasar tersendiri khususnya pelanggan tetap, maka ini menjadi kekuatan kamu untuk membuat bisnis lebih unggul dibandingkan bisnis lain, setidaknya bagi segmentasi pasar tersebut.

Terlebih lagi, jika segmentasi pasar sudah tahu keunggulan produk kamu, kemungkinan besar mereka semakin loyal dan mengutamakan produk kamu.

Tidak perlu menargetkan segmentasi pasar yang langsung luas dalam merancang strategi market positioning, cukup gaet segmentasi pasar utama saja, tetapi bisa membuat strategi pemasaran ini berhasil.

3. Memerhatikan Pengalaman Konsumen

Untuk membuat konsumen terkesan dan mau mengutamakan produk kamu, maka sebelum itu pastikan mereka memiliki pengalaman yang baik dengan bisnis kamu. Kepuasan konsumen sangat membuka peluang untuk mereka kembali lagi.

Baca juga: 4 Kelebihan Strategi Pemasaran Menggunakan AI, Termasuk Lebih Efisien

Maka dari itu, penting untuk menjalin komunikasi dan terbuka dengan masukan dari konsumen. Ini bisa menjadi evaluasi kamu untuk meningkatkan pelayanan terbaik, agar konsumen semakin merasa puas.

Dengan memerhatikan pengalaman konsumen, mereka juga akan mengingat produk kamu dan lebih mengutamakannya karena merasa dihargai. Dengan begitu, strategi market positioning akan berhasil.

4. Rutin Mengevaluasi

Menjadi unggul dibandingkan pesaing tentu butuh banyak evaluasi. Mengetahui apa kekurangan dari bisnis kamu, mengevaluasi dan memperbaikinya bisa membuat bisnismu semakin unggul.

Oleh karena itu kamu bisa melakukan evaluasi rutin, agar mempertahankan semangat kompetitif untuk memiliki kesan tersendiri di benak konsumen.

Baca juga: Menerapkan Program Giveaway dalam Strategi Pemasaran, Ampuh Datangkan Pembeli

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com