Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui 3 Tantangan Utama Menyusun Strategi Market Positioning

Kompas.com - 21/06/2024, 19:34 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

Sumber Gramedia

KOMPAS.com - Ada banyak strategi bisnis yang bisa kamu coba untuk meningkatkan daya kompetitif perusahaan. Salah satunya strategi market positioning, pernah mencoba strategi yang satu ini?

Market positioning adalah strategi pemasaran untuk menempatkan produk di benak konsumen agar lebih diutamakan oleh konsumen dibandingkan dengan produk pesaing lainnya. Singkatnya strategi ini adalah bagaimana suatu bisnis bisa dipandang unik dan berbeda.

Market positioning berupaya untuk merencanakan bagaimana bisnis ingin dilihat oleh konsumen, nilai apa yang ingin disampaikan, dan apa yang membedakan produk bisnis tersebut dengan produk lain.

Baca juga: Pahami, Ini Tantangan Berbisnis di Era Digital

Namun, ada beberapa tantangan yang seringkali membuat bisnis terjebak dalam menyusun strategi market positioning, seperti yang dilansir dari Gramedia.com,

1. Ketatnya Persaingan

Berhubung strategi ini mengenai cara membuat bisnis berbeda dengan pesaing, maka tantangan utama dari strategi ini berasal dari persaingan itu sendiri.

Banyak bisnis yang kesulitan membuat produknya unik dan memiliki pandangan yang berbeda di mata konsumen. Terlalu fokus membuat bisnis berbeda dari pesaing hingga berujung kualitas produk semakin menurun dan hilang kendali.

Padahal, untuk memikat hati konsumen bisa dengan terus berupaya meningkatkan kualitas produk dan pelayanan. Dengan begitu bisnis kamu juga bisa memiliki nilai keunikan dan lebih diutamakan oleh para konsumen.

Baca juga: 3 Tantangan Menjalankan Usaha Franchise dan Cara Menghadapinya

2. Cepatnya Perputaran Minat Pasar

Strategi market positioning biasanya juga dipengaruhi oleh permintaan konsumen. Untuk membuat mereka mengutamakan brand kamu, maka perusahaan perlu memenuhi permintaan mereka dari segi produk, nilai, hingga citra perusahaan.

Sayangnya, minat pasar memiliki perputaran yang cepat dan sering berubah-ubah tanpa prediksi yang jelas. Sehingga untuk menyusun strategi ini juga membutuhkan banyak penyesuaian.

Mungkin saja produk yang kamu tawarkan saat ini dengan harapan menjadi beda dari para pesaing justru tidak terlalu laku karena tidakmsesuai dengan minat pasar.

Baca juga: Tiga Tantangan yang Kerap Dihadapi oleh Tim Marketing Bisnis

3. Keterbatasan Sumber Daya

Dalam strategi market positioning, sumber daya yang mumpuni juga bisa menjadi pengaruh. Anggaran dana, karyawan, hingga pendukung operasional bisnis juga bisa menentukan apakah bisnis kamu memiliki kesan tersendiri di benak konsumen.

Oleh karena itu jika sumber daya memiliki keterbatasan dan tidak dikelola dengan baik, akibatnya strategi market positioning ini juga tidak bisa berjalan dengan maksimal.

Selain itu, jika sumber daya tidak memahami betul strategi market positioning ini dan berujung pada kesalahan kinerja, baik itu salah komunikasi hingga human error maka akibatnya perusahaan tersebut bisa semakin di cap buruk dibandingkan pesaingnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com