Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Alasan Perlu Menggunakan Jasa Konsultan Franchise, Pemula Harus Tahu

Kompas.com - 21/06/2024, 22:28 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memulai bisnis dengan franchise memang tampak lebih mudah, karena Anda tak perlu memulai segalanya dari nol.

Namun demikian, menjalankan usaha franchise tetap memerlukan riset yang dalam dan lebih lanjut.

Jika Anda seorang pemula, pertimbangkan untuk memakai jasa konsultan franchise.

Mereka bisa membantu Anda dari mulai memilih merek, menentukan lokasi, hingga membantu menjalankannya, karena semua tahapan tersebut memerlukan keputusan yang tepat.

Untuk membantu memutuskan hal-hal tersebut, seorang konsultan franchise akan memertimbangkan latar belakang, minat, hingga keuangan (anggaran) Anda.

Baca juga: 3 Tantangan Menjalankan Usaha Franchise dan Cara Menghadapinya

Berikut ini beberapa manfaat menggunakan jasa konsultan franchise yang bisa Anda dapatkan.

1. Konsultan Membantu Anda Memilih Franchise yang Cocok

Tentu kita ingin memulai bisnis yang cocok dan sesuai dengan gaya hidup atau tujuan berbisnis, agar selalu ada inovasi untuk menjalankannya dalam jangka waktu panjang.

Misalnya, jika Anda hobi kuliner, Anda bisa memilih franchise es krim atau minuman yang sedang tren atau pilih franchise fesyen, jika Anda berminat dengan busana, tas, dan lain-lain.

Konsultan franchise akan mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengetahui minat Anda. Hal ini akan membantu Anda menyesuaikan franchise sesuai dengan yang Anda inginkan.

2. Konsultan Membantu Anda Mengidentifikasi Rekam Jejak Merek Franchise 

Tidak semua pemilik franchise memiliki rekam jejak yang baik. Bisa jadi mereka sangat baik saat dikelola sendiri, tetapi buruk saat mulai membika franchise.

Konsultan akan menghindarkan Anda dari franchise yang memiliki rekam jejak buruk. Dengan memiliki jaringan yang luas dan keterampilan networking yang kuat, mereka akan menemukam franchise yang terbukti memiliki reputasi baik.

3. Konsultan Membantu Anda Memahami Kelebihan dan Kekurangan Berbagai Merek

Setelah Anda mempersempit daftar merek yang Anda minati, konsultan franchise akan membantu Anda meneliti sisi positif dan negatif dari berbagai peluang tersebut. 

Konsultan akan membantu Anda semakin yakin untuk memilih merek yang tepat, karena Anda telah melihat list poin plus ataupun minus-nya yang telah dibuatkan sedemikian ringkas oleh konsultan.

Hal ini akan menghemat waktu Anda dan tentunya menghemat energi Anda. Apalagi, mereka lebih berpengalaman dalam hal meriset franchise.

Baca juga: Sedang Memilih Franchise? Pastikan Sesuai Preferensi

4. Konsultan Membantu Anda Memahami Biaya

Jika kita ingin memulai suatu franchise, kita harus tahu bahwa biaya yang harus dibayarkan berbeda-beda. Semua anggaran itu akan bergantung pada ukuran besar atau tidaknya toko Anda nanti.

Konsultan akan meninjau dokumen anggaran atau biaya franchise. Mereka akan membantu mengidentifikasi tanda bahaya atau biaya yang tidak jelas (tidak ada pada dokumen).

Jangan ragu untuk menanyakan semua hal tentang biaya yang tidak Anda mengerti kepada konsultan. Mereka akan menjawab semua rasa penasaran Anda.

Selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com