Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Pebisnis Pemula Harus Memanfaatkan Media Sosial

Kompas.com - 01/07/2024, 15:00 WIB
Alfiana Rosyidah,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai pebisnis pemula, kamu perlu untuk melakukan branding agar orang-orang mengetahui produkmu. Kini para pebisnis memiliki berbagai macam strategi branding seperti memanfaatkan media sosial. 

Melalui media sosial, para pebisnis biasanya mengunggah konten-konten yang berkaitan dengan bisnis mereka. Konten tersebut disesuaikan dengan target audiens supaya dapat meningkatkan engagement dan brand awareness

Kamu sebagai pebisnis pemula juga perlu untuk memanfaatkan media sosial sebagai strategi branding. Selain itu, ada beberapa alasan lain yang membuatmu harus menggunakan media sosial. Kamu bisa menyimaknya melalui artikel berikut yang dilansir dari business.com

Baca juga: Menjadi Wirausahawan Pemula, Coba Pahami Strategi Ini

Meningkatkan Brand Awareness

Karena kamu membutuhkan bisnismu dikenal oleh banyak orang, maka kamu harus menyebarkan informasi bisnismu pada khalayak umum. Dengan kata lain, kamu harus menyebarkan brand awareness pada banyak orang. 

Langkah yang bisa kamu lakukan yaitu dengan memanfaatkan media sosial. Cara ini bisa membantu menyebarluaskan brand awareness bisnismu. Sebab, media sosial menjangkau profil banyak orang dari berbagai lokasi. 

Supaya lebih maksimal, kamu bisa membuat konten mengenai bisnismu dengan cara yang menarik. Gunakan tren konten yang sedang digandrungi banyak orang untuk meningkatkan engagement konten milikmu nantinya. 

Baca juga: Kamu Pebisnis Pemula? Hindari 3 Hal Ini Agar Bisnismu Tetap Kredibel

Mudah Menjalin Komunikasi dengan Konsumen

Meski kamu bisa menggunakan e-mail atau telemarketing sebagai strategi dalam berbisnis, sebaiknya kamu juga menggunakan media sosial. Sebab, di masa kini orang-orang sudah banyak yang menggunakan media sosial dan mereka lebih banyak berkomunikasi melalui platform tersebut. 

Oleh karena itu, media sosial menjadi platform yang tepat untuk berkomunikasi dengan konsumen. Kamu akan lebih cepat mengirimkan pesan pada mereka atau mengunggah konten sesuai dengan minat audiens. Kamu pun juga bisa menanggapi komentar audiens melalui media sosial. 

Meningkatkan Traffic dalam Website

Apabila kamu memiliki website bisnis dan masih terkendala soal traffic, kamu tidak perlu khawatir lagi. Penggunaan media sosial akan mampu membantu meningkatkan traffic websitemu. Orang-orang akan mengetahui website bisnismu jika ingin mendapatkan informasi lebih lanjut.

Baca juga: Ini 4 Cara Menyusun Content Calendar untuk Pebisnis Pemula

Agar dapar meningkatkan traffic website, kamu dapat menambahkan tautan website dalam bio media sosial bisnismu. Hal ini akan memudahkan audiens untuk mendapatkan alamat website bisnismu. Karena kemudahan tersebut, akan semakin banyak pembaca yang menyimak konten dalam website.

Jadi, jangan ragu lagi untuk memanfaatkan media sosial. Terutama bagi kamu seorang pebisnis pemula. Media sosial bisa menjadi langkah tepat untuk kamu terus mengembangkan bisnismu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com