Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Pemasaran Musiman, Stok Barang Auto Laris

Kompas.com - 19/09/2024, 10:00 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai pebisnis yang menjual barang, ada kalanya stok barang di gudang masih menumpuk, sementara itu kamu harus cepat menjualnya karena barang tersebut sudah tidak tren lagi atau bahkan kadaluarsa dalam beberapa bulan lagi.

Jika kamu sudah mencoba berbagai cara untuk menjualnya tetapi masih sepi peminat, coba kamu gunakan strategi yang satu ini yaitu mengaitkannya dengan pemasaran musiman. Kamu perlu tahu bergantinya musim atau menyambut momen tertentu membuka peluang besar untuk meningkatkan penjualan.

Setiap kali memasuki musim atau hari besar tertentu, biasanya banyak orang yang membeli keperluan untuk mempersiapkan musim tersebut. Oleh karena itu, kamu bisa coba buat promosi dengan mengaitkan produkmu untuk kebutuhan musiman tersebut.

Baca juga: Tips Mengelola Retur, Agar Bisnis Terhindar dari Kerugian

Berikut ini beberapa tips strategi pemasaran musiman yang bisa kamu coba untuk meningkatkan penjualan, seperti yang dilansir dari business.com,

1. Buat Diskon Musiman

Salah satu alasan mengapa pemasaran musiman meningkatkan penjualan karena pada musim tersebut biasanya harga barang dijual lebih murah karena ada banyak toko yang menjual produk serupa.

Memang kamu perlu sedikit menurunkan harga jual, tetapi mungkin ini akna lebih baik dibandingkan stok barang kamu tidak terjual sama sekali. Pemasaran musiman adalah salah satu kesempatan untuk kamu membersihkan gudang.

Baca juga: Tips Mengatasi Permintaan Diskon Harga Teman Tanpa Canggung

2. Buat Bundling

Ingin produk cepat laku terjual? membuat bundling di pemasaran musiman adalah combo yang menguntungkan dan kemungkinan akan banyak pembeli yang datang. Sebenarnya, ini juga jalan pintas untuk kamu yang ingin menghabiskan produk tetapi tidak sesuai dengan musim tersebut.

Misalnya kamu ingin menghabiskan koleksi baju musim kemarin, dibandingkan tidak laku terjual lebih baik kamu buat paket bundling seperti membeli dua pieces baju koleksi musim ini bisa tebus murah satu pieces baju koleksi musim lalu.

Namun, jika produk kamu sifatnya lebih fleksibel tidak musiman, kamu bisa buat paket bundling untuk mempercepat penjualan dan menarik lebih banyak minat pembeli.

Baca juga: Panduan dan Tips Sukses Berbisnis Dengan Metode White Label

3. Tambahkan Dekorasi Khas Musim Tersebut

Jika kamu ingin mencuci gudang dengan pemasaran musiman, kamu bisa gunakan strategi mengubah sedikit tampilan luar produk. Tambahkan dekorasi yang lebih mendukung penjualan produk di musim tersebut.

Misalnya kamu ingin menghabiskan stok barang, kamu bisa melakukan pemasaran musiman dengan memberikan sedikit dekorasi tambahan seperti pita, kartu ucapan, hingga kemasan yang bertema musim tersebut.

Dengan begitu meskipun kamu menjual produk yang tidak laku di musim kemarin, tetapi masih bisa terlihat baru dan trendy di musim sekarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau