Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UMKM Ingin Menjadi Suplier Hotel? Simak Tips dari Padma Resort

Kompas.com - 04/01/2022, 13:32 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - UMKM bisa menjadi bagian dari industri perhotelan. Ini karena industri tersebut banyak memerlukan pasokan terutama yang terkait dengan keperluan makanan dan minuman.

Selain itu, perusahaan yang bergerak di bidang perhotelan juga berupaya untuk berkontribusi terhadap perekonomian lokal dengan cara bermitra dengan para pelaku UMKM untuk memenuhi sejumlah kebutuhan.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Padma Resort Bali. Resort ini menjalin kemitraan UMKM. Pelaku usaha tersebut menjadi vendor untuk menyuplai keperluan hotel.

Baca juga: Menteri Teten: Fondasi Telah Kuat, 2022 UMKM Masuk Fase Pemulihan Transformatif

Cluster Marketing & Communications Manager Padma Resort Legian & Padma Resort Ubud, Isabella Prasmania menuturkan sejauh ini pihaknya menggandeng vendor UMKM untuk memenuhi kebutuhan groceries.

"Kurang lebih sekitar 50 persen kebutuhan groceries kami dibeli dari produsen lokal Bali. Untuk bahan pangan segar, kami selalu berusaha untuk sebisa mungkin membeli dari pengusaha lokal Bali," ujarnya kepada Kompas.com melalui email, Senin (3/1/2021).

Sejumlah bahan makanan yang disuplai oleh UMKM untuk resort ini meliputi sayur, buah-buahan, ayam, telur, dan lain-lain.

Syarat yang Harus Dipenuhi

Namun demikian, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh UMKM untuk bisa menjadi suplier hotel. Mulai dari kelengkapan izin usaha, hingga sertifikat makanan ayak konsumsi.

Diungkapkan Isabella, di Padma Resort pun juga mensyaratkan sejumlah hal bagi UMKM untuk bisa menjadi pemasok.

"Selain pengecekan kualitas produk-produknya, kami juga mengecek kelengkapan sertifikat seperti HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) dan izin usaha," jelas dia.

Baca juga: Kemenkop UKM: Pelaku UMKM Masih Didominasi Perempuan

Tak hanya itu, UMKM yang menjadi vendor hotel pun harus bisa menjaga kualitas produk, kecepatan untuk memasok, dan stabilitas dalam menjaga pengadaan barang. Ini diperlukan karena kendala yang banyak dihadapi vendor UMKM adalah habisnya produk yang harus dipasok.

Isabella menambahkan, agar UMKM tetap dipilih menjadi mitra hotel, ada sejumlah tips yang kiranya perlu diperhatikan.

Pertama adalah terjaganya kualitas produk dan standar kebersihan. Ini karena hotel, apalagi yang bintang 5 sangat memperhatikan higienitas dari produk yang dipasok oleh suplier karena konsumen hotel kelas ini adalah wisatawan papan atas. 

Kedua, vendor UMKM harus responsif atas permintaan yang diminta oleh hotel. Ketiga, logistik yang lancar dan tidak kehabisan barang yang harusnya dipasok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com