Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Sukses Berbisnis Online untuk Pebisnis Pemula

Kompas.com - 08/01/2022, 20:20 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Dunia digital kini memudahkan semua kalangan untuk berbisnis. Banyak anak muda kini menggunakan media sosial hingga e-commerce untuk berbisnis.

Platform digital mendorong anak muda untuk berani berbisnis. Media sosial hingga e-commerce telah mampu secara mudah mempertemukan pasar dengan pemasok atau produsen.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pebisnis pemula agar bisnisnya bisa sukses lewat online.

Dikutip dari OCBC NISP, ada beberapa tips yang perlu dilakukan.

1. Cari Tahu yang Dibutuhkan Pasar

Pebisnis pemula perlu memenangkan pasar. Produk/jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat membuat bisnis yang dijalankan semakin berkembang.

Carilah masalah yang sedang dihadapi pasar atau di masyarakat. Kemudian tentukan solusi terbaik untuk mengatasi masalah mereka dengan mendirikan bisnis.

Anda bisa memulai riset pasar dengan mencari produk/jasa yang sedang tren di masyarakat melalui media sosial. Selanjutnya, Anda bisa mencocokkan informasi tersebut dengan data di internet.

Agar lebih mudah, gunakan Google Trends untuk melihat statistik data dari produk/jasa yang tengah tren tersebut.

2. Pilih Produk yang Akan Dijual Secara Online

Setelah melakukan riset pasar dengan mendalam, cara memulai bisnis online berikutnya yakni memilih produk apa saja untuk Anda pasarkan melalui kanal-kanal internet.

Untuk itu, Anda perlu menyeimbangkan dulu pilihan tersebut dengan berbagai peluang dan risikonya.

3. Tentukan Target Konsumen

Jika sudah menetapkan jenis produk yang dijual secara online, maka cara memulai bisnis online tak kalah penting adalah menentukan target konsumen.

Anda bisa juga mempertimbangkan aspek gender, tingkat ekonomi, usia, wilayah tempat tinggal, dan sebagainya.

Semakin detail dan mengerucut target pasar Anda, maka semakin mudah Anda menyasar mereka.

4. Pilih Model Bisnis

Memilih model bisnis merupakan cara memulai bisnis online dari nol berikutnya. Misalnya, Anda ingin membuka bisnis online shop tetapi tidak punya uang untuk melakukan stok barang.

Jika begini kondisinya, cara bisnis online shop tanpa modal adalah dengan memilih bisnis model dropshipping/reselling.

5. Lakukan Promosi

Pasca penentuan model bisnis dan media pemasarannya, Anda bisa melakukan proses promosi. Banyak sekali metode promosi dalam bisnis yang dapat dilakukan baik berbayar atau gratis seperti strategi organik, SEM, SEO, hingga Social Media Ads.

Bila produk Anda dipasarkan melalui website, maka strategi SEO, SEM, Google My Business, hingga Google Ads dapat dioptimalkan. Lainnya yang juga perlu dilakukan adalah memasang iklan Ads hingga strategi lain seperti giveaway, paid promote, dan sebagainya.

6. Pertahankan Pelanggan Setia

Ketika promosi Anda berhasil memenangkan konsumen, cara memulai bisnis online patut diperhatikan adalah mempertahankan pelanggan setia. Banyak cara dapat dilakukan untuk meningkatkan hubungan bisnis Anda dengan pelanggan.

Beberapa cara berbisnis online guna mempertahankan relasi dengan konsumen misalnya memberikan diskon, menawarkan harga promo, bertanya kabar, hingga pemberian bonus tak terduga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com