Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Sukses Jalani Usaha Sampingan, Salah Satunya Jangan Boros!

Kompas.com - 07/02/2022, 20:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Usaha sampingan bisa dipilih untuk menambah penghasilan tetap yang dihasilkan setiap bulannya. Apalagi jika menghadapi situasi pengeluaran semakin membengkak, sementara itu tabungan menipis.

Nah, ada banyak usaha sampingan yang bisa dijalani oleh kalian. Ada usaha sampingan di bidang digital maupun offline seperti berjualan makanan.

Tak jarang, usaha sampingan bisa menghasilkan uang melebihi pekerjaan utama. Lalu bagaimana cara usaha menjalankan usaha sampingan agar sukses?

Berikut tips-tips sukses melakoni usaha sampingan seperti dikutip dari Lifepal.

1. Waspadai virus mager

Sudah akrab dengan kata mager? Mager adalah kata yang memiliki kepanjangan malas gerak.

Sampai kapan pun juga, virus mager adalah virus yang paling berbahaya di dunia. Karena ketika seorang sudah terjangkit virus ini, mustahil dia mau melalukan apa yang semestinya dia lakukan untuk menebalkan dompet.

Mager tak hanya menyerang manula, melainkan anak muda produktif. Kalau mager, ya jangan pernah mimpi jadi crazy rich di usia muda.

2. Seribu pelanggan masih belum cukup

Jika 1.000 klien atau pelanggan saja belum cukup, bagaimana jika cuma punya satu klien? Itu tandanya usaha sampinganmu enggak menghasilkan apa-apa.

Cobalah menerapkan strategi jemput bola alias cari pelanggan untuk usahamu ini. Jangan kebiasaan nunggu bos, nanti rezeki dipatok ayam!

3. Jangan boros-boros

Ketika enggak ada duit, ya jawabannya harus cari duit bukan? Ketika lagi cari duit, ya jangan boros-boros.

Ingat lho, beberapa usaha sampingan tentu ada yang butuh modal. Coba buat target dalam jangka waktu tertentu untuk mengembalikan modal yang sudah kamu keluarkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com