Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Memulai Bisnis Jasa Fotografi: Tanpa Modal pun Bisa!

Kompas.com - 20/09/2022, 19:35 WIB
Gabriela Angelica,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bisnis jasa fotografi jadi ladang cuan yang sedang diminati, utamanya pada kalangan anak muda. Menjadi fotografer sewaan, bisa dikatakan sebagai sumber penghasilan sampingan berdasarkan hobi.

Tak sedikit juga orang yang menjadikan bidang fotografi sebagai pekerjaannya utamanya. Jika Kamu memiliki hobi ini dan ingin membuka jasa sewa fotografer sebagai sampingan, tak perlu takut dengan cara memulainya.

Berikut ini beberapa tips utama untuk Kamu yang sedang menjadi pemula dalam jasa fotografi seperti dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber.

1. Bisnis Fotografi Tak Harus Punya Modal

Bagaimana caranya? Kalau Kamu hobi dan ahli dalam hal fotografi, tapi sedang tidak memiliki alat, jangan segan untuk menerapkan sistem uang muka dari klien. Uang muka dari klien itu dapat Kamu gunakan untuk menyewa alat-alat yang dibutuhkan.

Kuncinya, bangun citra dan testimoni terlebih dahulu sehingga klien punya trust yang kuat membayarkan sebagian biaya di awal. Selain itu, pintar-pintarlah mencari tempat penyewaan yang terjangkau agar sisa dana dapat ditabung untuk membeli alat nantinya.

2. Lupakan Peralatan Mahal

Peralatan fotografi tak harus mahal. Inilah yang perlu diingat oleh seorang pemula. Semua tetap bergantung pada skill yang dimiliki oleh seorang fotografer. Kamu tetap bisa menghasilkan foto yang bagus tanpa alat yang mahal.

Carilah target market yang memang sesuai dan tak memiliki banyak persyaratan dalam hal fotografi. Hal terpenting, Kamu tetap bisa memberikan yang terbaik sesuai permintaan mereka.

3. Jadikan Kawan sebagai Pelanggan Awal

Cari teman yang dapat dijadikan pelanggan awal. Selain lebih mudah untuk dijadikan target konsumen, pendekatannya pun akan lebih mudah. Kamu bisa meminta mereka memberikan testimoni kepada orang lain atau di media sosial agar memperluas awareness tentang usaha Kamu.

Perlu diingat, prinsip 'harga teman' bukan sesuatu yang menguntungkan untuk Kamu sebagai pemula. Ada harga, ada kualitas. Teman yang baik pasti akan menghargai kualitasmu sebagai jasa yang disewanya.

4. Testimoni sebagai Taktik Pemasaran

Seperti yang ada di poin sebelumnya, usaha berbentuk jasa seperti fotografi perlu menggunakan taktik testimoni dalam pemasarannya.

Strategi ini dinilai efektif untuk memanggil klien baru. Utamanya, gunakan cara pemasaran dari mulut ke mulut lewat networking yang Kamu bentuk di dalam pertemanan atau komunitas.

5. Buat portofolio yang menarik

Portofolio adalah kumpulan bukti hasil fotografimu untuk menarik minat klien. Bagikan portofolio hasil kerja Kamu kepada calon klien dan pastikan sudah tersusun rapi serta terlihat menjanjikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com