Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Pelatihan, Pemerintah Bantu UMKM Masuki Tahun Endemi

Kompas.com - 02/12/2022, 19:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membantu mempersiapkan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memasuki masa endemi tahun depan.

Kepala Sub Kelompok Kerja Digital Entrepreneurship Academy Kementerian Kominfo Riza Azmi pada Kamis, mengatakan tahun depan tema pelatihan untuk pelaku UMKM adalah menuju endemi, diberi nama "UMKM Makin Digital Makin Maju".

Tema itu bergeser dari tahun ini, yang difokuskan untuk pemulihan perekonomian UMKM setelah mengalami pandemi, yaitu "UMKM Pulih Bersama".

"Tahun ini kita menyelesaikan target (melatih) 60.000 (pelaku UMKM) berkolaborasi dengan mitra," kata Riza seperti dikutip dari Antara.

Kementerian Kominfo mengadakan program pelatihan untuk mencetak sumber daya manusia yang memiliki keterampilan digital, yaitu Digital Talent Scholarship. Program itu terdiri dari delapan akademi, salah satunya adalah Digital Entrepreneurship Academy.

Digital Entrepreneuship Academy fokus untuk membantu para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya dengan menggunakan platform digital. Program ini sejalan dengan pandangan pemerintah yang ingin mendukung UMKM supaya naik kelas.

Pelatihan untuk para pelaku UMKM dinilai sangat penting karena perjalanan tidak berhenti pada memasukkan UMKM ke ekosistem digital.

Pelaku UMKM perlu dibantu bagaimana memanfaatkan platform digital supaya bisa mendukung bisnis mereka untuk bertumbuh, terutama di tengah pandemi.

Riset Kementerian Koperasi dan UKM dan asosiasi e-commerce iDEa, yang dikutip Kementerian Kominfo, menunjukkan 75 persen UMKM yang masuk ke lokapasar digital mengalami tantangan berupa kesulitan mempertahankan karakteristik, layanan purna jual dan aspek lainnya.

Pelaku UMKM juga belum sepenuhnya memanfaatkan akses pasar meski sudah masuk ke ekosistem digital. Melihat hal itu, Kementerian Kominfo membagi pelatihan Digital Entrepreneurship Academy dalam tiga aspek.

Pertama, menguatkan pola pikir (mindset) tentang wirausaha digital. Kedua, menambah keterampilan tentang penggunaan teknologi digital. Ketiga, meningkatkan kemampuan menggunakan teknologi yang bisa mendukung wirausaha digital.

Memberikan pelatihan bagi pelaku UMKM adalah bagian dari mempercepat transformasi digital dan mendorong ekonomi digital Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com