Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merintis Bisnis Kuliner? Ini 9 Tips Pemasaran Online yang Bisa Dicoba

Kompas.com - 03/07/2023, 20:15 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Bisnis kuliner menjadi salah satu bisnis paling diminati saat ini karena dianggap memiliki prospek yang sangat bagus. Semua orang pasti paham bahwa makanan merupakan kebutuhan pokok bagi manusia, sehingga bisnis kuliner akan selalu memiliki pasar yang ramai.

Namun, kesuksesan bisnis bukan hanya dari jenis bisnisnya saja. Anda harus mampu melakukan pemasaran agar bisa bersaing dengan para kompetitor yang sangat banyak.

Apalagi, jika bisnis kuliner dijalankan secara online, maka harus mencari strategi yang lebih kreatif dan inovatif.

Penasaran bagaimana caranya untuk memasarkan bisnis kuliner yang dirintis secara online? Dilansir dari Cermati.com, berikut ini beberapa tips pemasaran bisnis secara online yang bisa Anda coba terapkan:

1. Daftarkan Bisnis di Layanan Pencarian Khusus Restoran

Saat ini cukup banyak aplikasi maupun situs pencarian restoran secara online. Aplikasi tersebut hadir untuk memudahkan orang-orang menemukan kuliner yang diinginkan.

Biasanya aplikasi layanan pencarian khusus restoran hadir berbasis mobile maupun website. Anda bisa mencoba mempromosikan bisnis kuliner melalui aplikasi tersebut.

Jika ingin menjadi merchant, harus mendaftarkan bisnis dengan memberikan data-data yang dibutuhkan seperti nama restoran, alamat, menu, dan lain-lain. Setelah itu, orang-orang bisa menemukan restoran milik Anda melalui aplikasi.

2. Manfaatkan Media Sosial

Anda juga bisa memanfaatkan media sosial, ini merupakan platform terbaik untuk melakukan pemasaran atau promosi secara online. Bukan hanya karena penggunanya yang sangat banyak, namun juga karena ada interaksi yang bisa dilakukan dengan audiens.

Interaksi melalui like, comment, dan lain sebagainya. Hal ini mampu meningkatkan engagement bisnis, lho!

Manfaatkan semua platform media sosial terkini sebagai media untuk promosi. Jika ingin lebih efisien, manfaatkan media sosial sesuai dengan target pasar yang dibidik.

Jangan lupa gunakan konten yang menarik agar audiens tertarik untuk mengunjungi akun media sosial milik bisnis yang Anda kembangkan.

3. Bekerja Sama dengan Layanan Pesan Antar

Di zaman seperti sekarang ini sebagian besar orang lebih suka dengan hal-hal praktis. Dibandingkan datang ke restoran, mereka biasanya lebih suka memesan makanan kesukaan secara online.

Ada baiknya untuk mulai merencanakan bekerjasama dengan penyedia layanan pesan antar untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Saat ini ada banyak penyedia layanan pesan antar yang menawarkan kemitraan yang saling menguntungkan.

Bergabunglah dengan penyedia layanan tersebut agar bisa memberikan layanan pesan antar pada pelanggan. Dengan begitu, bisnis akan semakin mudah dijangkau target audiens.

4. Bergabung dengan Event

Pemasaran secara online memang sangat menguntungkan karena dianggap lebih efektif, efisien, dan tentu saja hemat budget. Meskipun begitu bukan berarti Anda tidak bisa mengikuti event secara online.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com