Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Berbisnis Perlengkapan Bayi? Pelajari 5 Strategi Branding-nya

Kompas.com - 04/07/2023, 15:40 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Bisnis perlengkapan dan kebutuhan bayi menjadi salah satu jenis bisnis yang cukup menjanjikan. Beberapa keunggulannya yaitu permintaan stabil, produk banyak dan beragam, peluang menciptakan produk baru, pasar besar dan bertumbuh, serta potensi menjadi bisnis jangka panjang.

Ingin mencoba berbisnis perlengkapan bayi atau sudah menjalankannya? Apapun itu, penting memiliki strategi branding tepat untuk bisnis tersebut.

Pasalnya peluang menjanjikan dari bisnis ini membuat persaingan semakin ketat dan sengit. Tanpa strategi branding, ini artinya akan sangat sulit untuk bisa bertahan dalam jangka waktu panjang.

Branding sendiri merupakan image atau citra brand yang ingin ditampilkan pada target pasar. Setelah menerima branding yang baik dari sebuah perusahaan, maka minat target pasar pada brand tersebut bisa meningkat.

Dilansir dari Cermati.com, berikut ini beberapa strategi branding menarik yang bisa dicoba:

1. Membuat nama, logo, serta tagline yang menarik

Anda bisa memulai bisnis dengan membuat nama, logo, dan tagline untuk brand yang akan dipasarkan. Nama menjadi sesuatu yang sangat penting untuk meningkatkan branding bisnis. Melalui nama, identitas bisnis bisa terbangun dan berkembang dengan baik.

Karena bisnisnya bergerak di bidang perlengkapan bayi, maka akan lebih baik jika memakai nama yang berhubungan dengan “baby” atau bayi. Jadi target pasar bisa langsung tahu apa yang dijual setelah melihat nama brand.

Bukan hanya nama saja, Anda juga harus memperhatikan logo brand. Logo harus yang mudah diingat dan membekas bagi target pasar. Bisa dengan memanfaatkan aplikasi logo yang saat ini tersebar secara online.

Terakhir Anda harus membuat tagline yang menarik. Tagline ini merupakan kalimat unik dan enak didengar yang berhubungan dengan produk. Biasanya kalimat tersebut singkat namun mudah diingat, sekaligus memiliki kekuatan bisnis.

2. Menonjolkan keunikan dan keunggulan produk

Sudah banyak sekali bisnis perlengkapan dan kebutuhan bayi yang beredar di pasaran. Brand atau produk harus memiliki keunikan dan keunggulan agar bisa bersaing dengan para kompetitor.

Jika belum menemukannya, berusahalah mencarinya. Caranya bisa dengan membandingkan produk sendiri dengan produk kompetitor, lalu cari keunikannya.

Keunikan dan keunggulan yang memiliki value bagi target pasar yaitu harga, produk, jenis produk, cara pemasaran, dan lain-lain.

Contohnya produk ramah lingkungan, jika membeli produk di toko And, maka orang-orang turut serta melestarikan lingkungan.

Tips mencari keunikan dan keunggulan produk selain melihat dari kompetitor yaitu mencari masalah di tengah masyarakat.

Pastikan untuk memiliki produk yang bisa mengatasi masalah yang dihadapi target market. Selanjutnya tonjolkan keunikan tersebut agar target pasar tertarik untuk membeli.

Baca juga: Trik Mengajari Bisnis pada Anak

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com