Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Penting Pemberian Apresiasi kepada Karyawan? Simak Alasannya

Kompas.com - 09/06/2024, 11:13 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pemberian apresiasi sering dianggap sebagai hal yang sepele oleh beberapa perusahaan. Padahal, apresiasi memainkan peran krusial dalam menciptakan lingkungan kerja yang positif dan meningkatkan produktivitas.

Karyawan telah melakukan tugas dan pekerjaan bisnis Anda. Sudah sepatutnya Anda memberikan mereka apresiasi atas pekerjaan mereka. Karyawan akan merasa senang jika diapresiasi.

Baca juga: 5 Cara Kreatif Mengapresiasi Karyawan yang Bekerja untuk Bisnis Anda

Apresiasi juga akan menunjukkan kepada karyawan bahwa mereka dihargai. Dilansir dari Business News Daily, berikut manfaat yang akan Anda rasakan jika Anda selalu mengapresiasi karyawan Anda:

1. Membangun Kepercayaan

Setiap karyawan ingin perusahaan menganggap mereka sebagai manusia, bukan sekedar robot yang menjalankan tugas. Jika Anda mengapresiasi karyawan Anda, maka kepercayaan mereka akan perusahaan Anda akan tercipta dan hubungan baik akan terjalin.

Hubungan yang baik ini sangat penting untuk menciptakan komunikasi yang efektif dan kerja sama tim yang kuat. Ketika karyawan merasa dihargai, mereka lebih mungkin untuk berbagi ide dan berkontribusi secara aktif dalam tim.

2. Meningkatkan Produktivitas

Jika Anda memberikan program tambahan, bonus, dan penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada karyawan. Mereka akan bekerja lebih semangat lagi untuk mendapatkan reward tersebut.

Hal ini akan meningkatkan produktivitas bagi budaya kerja perusahaan Anda. Mereka akan semakin ambisius untuk mendapatkan benefit dari program apresiasi perusahaan Anda.

3. Mengurangi Pergantian Karyawan

Semua karyawan lebih memilih lingkungan kerja yang positif. Salah satu contohnya dengan pemberian apresiasi kepada karyawan.

Mereka akan merasa lebih dihargai dan nyaman bekerja di perusahaan Anda. Jika betah, mereka akan bertahan dan mengabdi pada perusahaan Anda untuk waktu yang lebih lama.

Anda juga akan merasakan keuntungan dari situ, karena Anda tidak perlu bulak-balik merekrut seseorang yang baru. Perekrutan yang terus menerus hanya membuang-buang biaya perusahaan dan menyita waktu Anda.

Baca juga: 4 Cara Mengapresiasi Karyawan, Bos Wajib Tahu!

4. Meningkatkan Reputasi Bisnis

Saat karyawan diberi apresiasi oleh perusahaan, mereka tentu akan bercerita ke teman, keluarga, atau media sosial mereka. Secara tidak langsung, reputasi bisnis Anda meningkat dan menjadi lebih positif.

Sebaliknya, jika karyawan diperlakukan buruk oleh perusahaan dan mereka menulisnya di media sosial. Dampak negatifnya, citra perusahaan akan menjadi buruk.

Hal tersebut berdampak di masa depan, ketika Anda membuka rekrutmen bisa jadi jumlah pendaftar menurun atau kandidat yang Anda butuhkan tidak akan mendaftar ke perusahaan Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com