Inovatif, Mahasiswa Unhas Ciptakan Rompi Antipeluru dengan Bobot Lebih Ringan

Kompas.com - 31/12/2021, 17:22 WIB

KOMPAS.com - Seorang mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, Rudi, berhasil menemukan bahan rompi antipeluru dengan sejumlah kelebihan jika dibandingkan dengan rompi serupa yang saat ini banyak dipakai.

Dosen Pembimbing Penelitian Unhas Dr Muhammad Syahid mengatakan saat ini rompi tersebut memasuki tahap pengembangan.

Menurutnya, rompi anti peluru yang saat ini banyak digunakan memiliki lapisan dengan beban yang cukup berat, sehingga para prajurit susah untuk bergerak dalam aksi militer.

Baca juga: UMKM Tak Hanya Butuh Bantuan Tunai, tapi Juga Pendampingan

Sementara rompi anti-peluru yang diciptakan mahasiswa Fakultas Teknik Unhas berasal dari material ringan yang kuat sehingga nyaman dan mudah bergerak ketika digunakan.

“Kami melihat material dari serat carbon fiber itu lebih ringan jika dibandingkan dengan bahan lain. Bagaimana carbon ini bisa digunakan pada tipe soft body armour untuk kelas pistol, sehingga diharapkan karya inovatif ini bisa mereduksi berat dalam penggunaan rompi anti-peluru,” jelasnya sebagaimana dikutip dari Antara, Jumat (31/12/2021).

Saat ini, bahan yang digunakan masih dalam bentuk panel berukuran 20x30 yang kemudian dalam rencana penelitian lanjutannya akan dikembangkan menjadi rompi anti peluru soft body amour dengan target berat 3 kg pada Tingkat Kesiapterapan Teknologi (TKT) di skala 9.

SKala tersebut menunjukkan bahwa produk benar-benar teruji dan terbukti melalui keberhasilan pengoperasiannya.

Dalam pengerjaannya panel antipeluru ini sangat sederhana yang telah berhasil dilakukan dengan metode manufaktur sistem vacuum bag.

"Sehingga kami menargetkan bisa mereduksi beban hingga 50 persen dan siap untuk dilakukan hilirisasi produk yang siap pakai dalam membantu kebutuhan militer dan kami pastikan akan sesuai dengan standar prosedur yang ditetapkan,” kata Muhammad Syahid.

Para tim peneliti yang terdiri Muhammad Syahid, Rudi dan Azwar Hayar telah membangun komunikasi dengan Panglima Divisi III Kostrad sebagai mitra penelitian dan sebagai calon pengguna untuk hilirisasi produk.

Baca juga: Kredit Perbankan Tumbuh 4,82 Persen November 2021, Didorong UMKM dan Ritel

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.