Olah Daun Kelor jadi Superfood, Produk Nur Hidayati Bisa Tembus Pasar Malaysia

Kompas.com - 10/01/2022, 13:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak banyak yang tahu, bahwa daun kelor jika diolah dengan tepat dan dipasarkan dengan menggunakan beragam channel, akan memiliki nilai ekonomi tinggi.

Seperti yang dilakukan oleh Nur Hidayati, salah satu UMKM Mitra Binaan PLN di wilayah Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Dalam hal ini, daun kelor diolah menjadi superfood sebagai alternatif makanan sehat.

 

Banyaknya daun kelor yang ada di daerahnya, mendorong Nur Hidayati untuk mengolah daun tersebut agar memiliki nilai ekonomi.

Baca juga: 6 Tips Sukses Berbisnis Online untuk Pebisnis Pemula

 

Selain itu, kegiatan pengolahan tersebut juga bisa mendorong perekonomian setempat karena kelor milik petani bisa diserap untuk memenuhi kebutuhan bahan baku.

“Usaha kami tidak hanya dalam pengolahan daun kelor tapi juga pemberdayaan petani dan penggarap kelor sehingga daun kelor bisa punya nilai jual yang lebih tinggi” jelas Nur Hidayati dalam penjelasan resmi PLN, Senin (10/1/2022).

Selain mengolah daun kelor menjadi superfood, Nur Hidayati juga memanfaatkan sejumlah channel untuk penjualan produk-produk yang dihasilkan dengan bahan baku daun kelor tersebut.

Selain memanfaatkan booth di Bandara Pekanbaru, Nur Hidayati juga telah menggunakan e-commerce sebagai sarana untuk menjangkau pembeli.

“Kami bisa mulai menjual produk kami di Bandara Pekanbaru dan e-commerce bahkan sampai ke pasar Malaysia” cerita Nur Hidayati.

Menurut Nur Hidayati, potensi olahan produk kelor masing sangat luas karena kelor dapat menjadi alternatif olahan yang sehat tanpa mengubah rasa asli.

Baca juga: Palu Banyak Produk Unggulan, Ini Langkah Kemenkop Kembangkan UMKM

 

Harapannya melalui riset yang ia lakukan dapat lebih mengenalkan olahan daun kelor secara kepada masyarakat.

Sementara itu Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN Agung Murdifi menjelaskan, PLN turut berperan aktif mendukung pengembangan lebih dari 8.000 UMKM melalui 29 Rumah BUMN yang dikelola perseroan di Indonesia.

Khusus di Rumah BUMN Kampar, PLN ikut serta membina 52 UMKM yang terdiri dari usaha sektor makanan, pakaian hingga kerajinan.

"PLN terus berperan aktif dalam mendorong UMKM naik kelas. Salah satunya lewat Rumah BUMN dimana menjadi inkubator bersama dan wadah kolaborasi dalam mencetak UMKM yang unggul," terang dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.