Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara dan Panduan Memulai Bisnis Food Truck

Kompas.com - 04/02/2022, 16:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Peluang usaha di tahun 2022 masih terbuka lebar. Kamu bisa memilih usaha seperti kuliner untuk dicoba.

Smesco bahkan memprediksi kuliner masih menjadi tren bisnis di tahun 2022. Salah satu konsep bisnis kuliner yang bisa dijalankan adalah food truck.

Konsep bisnis food truck sendiri merupakan salah satu solusi terkait masalah sewa tempat dan lahan. Selain itu, bisnis kuliner di bangunan perlu memikirkan biaya sewa yang terus naik dan biaya operasional.

Peluang bisnis food truck ini disebut masih terbuka lebar. Selain biaya operasional yang bisa ditekan, bisnis food truck juga disebut menawarkan omset yang besar.

Lalu bagaimana cara memulai bisnis food truck? Berikut panduan memulai bisnis food truck seperti dikutip dari Lifepal.

1. Pilih jenis makanan dan minuman yang akan dijual

Untuk memulai bisnis food truck pertama kali adalah menentukan menunya terlebih dahulu. Apapun jenisnya, produk menjadi hal utama yang perlu dipikirkan secara matang ketika memulai sebuah bisnis.

Biasanya, menu yang dijual di dalam food truck yaitu jenis makanan atau minuman siap saji yang mudah diolah. Hal itu karena tempat model bisnis ini terbatas. Lakukan riset mendalam bisnis-bisnis apa yang cocok, praktis, dan kamu kuasai.

2. Modal

Modal untuk bisnis food truck tentu tidak akan sebesar jika harus menyewa lahan/bangunan. Modal yang kamu perlukan seperti mobil boks, meja dan kursi, karoseri (dekorasi mobil), peralatan makan/minum, peralatan dapur, dan genset.

3. Modifikasi mobil

Agar lebih menarik, kamu bisa melakukan modifikasi pada mobil, terutama di bagian eksteriornya. Buatlah semenarik mungkin dengan cara mencari inspirasi di internet dan lihat variasi desain food truck yang unik.

Sesuaikan dengan jenis makanan atau minuman yang dijual. Kalau ingin lebih mudah, kamu juga bisa menggunakan jasa ahli desain food truck yang terpercaya. Meskipun akan menambah biaya, tapi hasilnya akan lebih memuaskan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.