Teten Masduki: Vending Machine Terobosan UMKM Untuk Tingkatkan Omset

Kompas.com - 31/05/2022, 20:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki menilai vending machine bisa memperluas pemasaran, promosi, dan distribusi produk produk Usaha Mikro Menengah Kecil (UMKM) dengan lebih efisien secara omnichannel.

Dengan adanya Vending Machine UMKM ini, Teten optimistis tahun ini dapat menjadi tahun kebangkitan UMKM dan ekonomi Indonesia.

Salah satunya seperti langkah kolaborasi Blibli bersama JumpStart untuk meluncurkan vending machine cerdas pertama di Indonesia yang khusus menjual produk UMKM.

Pelanggan bisa menikmati pengalaman baru dalam membeli produk-produk lokal terbaik yang lebih mudah dengan mengunjungi unit-unit vending machine cerdas yang berada di Grand Indonesia, Jakarta.

Teten menegaskan, hal yang dilakukan oleh Blibli dengan Jumpstart merupakan terobosan yang sangat tepat dilakukan untuk mendukung UMKM Indonesia.

"Saya kira ini mengombinasikan market offline dan online dengan vending machine. Ini terobosan untuk meningkatkan omzet UMKM. Dengan ini produk UMKM mudah diakses di mana saja dan oleh siapa saja," kata Teten dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Lebih lanjut, Teten menegaskan bahwa saat ini produk UMKM memiliki kualitas yang baik dan keren. 

"Produk UMkM sekarang sudah keren dan bagus. Vending Machine UMKM ini juga memberikan akses konsumen untuk membeli dan menikmati berbagai produk UMKM. UMKM itu punya kekayaan produk variatif di daerah dengan kemasannya yang bagus, branding oke, dan produknya juga enak. Dengan ini, mudah-mudahan target kita tahun ini menjadi kebangkitan UMKM dan ekonomi pascapandemi dapat terpenuhi," ujar Teten.

Teten menegaskan, saat ini masyarakat Indonesia harus didorong untuk membeli produk lokal. Korea Selatan dikatakan harus menjadi role model bagi Indonesia, mereka memiliki kebanggaan dan mau menggunakan produk dalam negerinya.

Dengan hadirnya Vending Machine UMKM ini, Menteri Teten optimistis masyarakat dapat lebih mudah untuk menyatakan rasa bangganya dan membeli produk dari dalam negeri.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.