8 Ide Bisnis Rumahan yang Cocok Dicoba untuk Para Pensiunan

Kompas.com - 01/08/2022, 19:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap pekerja terlebih di perusahaan atau kantor pemerintah pasti akan memasuki masa pensiun. Di masa pensiun, pastinya akan punya banyak waktu dan relatif lebih santai.

Bagi sebagian orang, masa pensiun adalah momok tersendiri. Pasalnya, gaji rutin tiap bulan akan hilang.

Saat tak memiliki gaji tetap setiap bulannya, menjalankan bisnis setelah pensiun bisa menjadi pilihan yang tepat. Ada banyak pilihan bisnis yang tak rumit dan tak berskala besar.

Bisnis tersebut bahkan bisa dijalankan di rumah. Seorang pensiunan bisa menjalankan bisnis tersebut.

Berikut ide bisnis yang cocok untuk para pensiunan seperti dirangkum dari Cermati.com.

1. Bisnis sembako

Bisnis sembako adalah bisnis yang paling umum dijalankan di rumah. Para pensiunan bisa menjual beras, gula, minyak goreng, dan berbagai kebutuhan pokok lainnya. 

Bisnis sembako cocok dicoba para pensiunan karena waktunya yang fleksibel dan tak menguras banyak tenaga. Untuk menjalankan bisnis sembako, cobalah rekrut satu karyawan untuk mengangkut atau mengantar barang.

Sementara itu, pemilik warung sembako cukup melayani dan menerima uang dari para pembeli. Cobalah juga untuk mencari produsen atau distributor besar sembako yang menawarkan harga murah dan berkualitas.

Dengan begitu, harga yang miring bisa menarik minat pembeli dan menjadi pelanggan tetap.

2. Bisnis pembayaran tagihan

Bisnis jasa pembayaran tagihan juga bisa dicoba untuk bisnis saat pensiun. Setiap orang tak selalu melek teknologi untuk membayar tagihan secara online.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.