Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Ide Bisnis Rumahan yang Cocok Dicoba untuk Para Pensiunan

Kompas.com - 01/08/2022, 19:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap pekerja terlebih di perusahaan atau kantor pemerintah pasti akan memasuki masa pensiun. Di masa pensiun, pastinya akan punya banyak waktu dan relatif lebih santai.

Bagi sebagian orang, masa pensiun adalah momok tersendiri. Pasalnya, gaji rutin tiap bulan akan hilang.

Saat tak memiliki gaji tetap setiap bulannya, menjalankan bisnis setelah pensiun bisa menjadi pilihan yang tepat. Ada banyak pilihan bisnis yang tak rumit dan tak berskala besar.

Bisnis tersebut bahkan bisa dijalankan di rumah. Seorang pensiunan bisa menjalankan bisnis tersebut.

Berikut ide bisnis yang cocok untuk para pensiunan seperti dirangkum dari Cermati.com.

1. Bisnis sembako

Bisnis sembako adalah bisnis yang paling umum dijalankan di rumah. Para pensiunan bisa menjual beras, gula, minyak goreng, dan berbagai kebutuhan pokok lainnya. 

Bisnis sembako cocok dicoba para pensiunan karena waktunya yang fleksibel dan tak menguras banyak tenaga. Untuk menjalankan bisnis sembako, cobalah rekrut satu karyawan untuk mengangkut atau mengantar barang.

Sementara itu, pemilik warung sembako cukup melayani dan menerima uang dari para pembeli. Cobalah juga untuk mencari produsen atau distributor besar sembako yang menawarkan harga murah dan berkualitas.

Dengan begitu, harga yang miring bisa menarik minat pembeli dan menjadi pelanggan tetap.

2. Bisnis pembayaran tagihan

Bisnis jasa pembayaran tagihan juga bisa dicoba untuk bisnis saat pensiun. Setiap orang tak selalu melek teknologi untuk membayar tagihan secara online.

Sebagian orang masih bingung dengan transaksi online. Terlebih untuk membayar tagihan listrik air, beli pulsa telepon atau kuota internet.

Peluang banyaknya orang yang tak melek teknologi bisa menjadi ide bisnis untuk jasa pembayaran tagihan di rumah. Usahanya relatif tak rumit dan tak membutuhkan modal yang banyak.

Cobalah lakukan promosi dari mulut ke mulut, tempel spanduk, dan menyebar selebaran di depan rumah agar paara tetangga ada jasa pembayaran tagihan.

 

3. Bisnis laundry

Bisnis laundry merupakan ide bisnis yang menjanjikan di saat banyak orang yang malas mencuci dan menyeterika baju. Usaha laundry kiloan bisa dicoba. 

Biaya jasa laundry yang ditawarkan bisa mulai dari Rp7.000 per kilogram. Harga jasa laundry kiloan pun bisa ditawarkan lebih murah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com