Ini Dua Produk Asal Kalimantan Selatan yang Laku Terjual di Amerika Serikat

Kompas.com - 04/08/2022, 10:00 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Dua produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) asal Kalimantan Selatan menembus pasar ekspor ke Amerika Serikat. Kedua produk UMKM tersebut diperjuangkan agar semakin berkembang di Amerika Serikat.

Produk pertama adalah warisan kearifan lokal budaya Kalimantan Selatan, baju sasirangan. Produk kedua yaitu produk tas purun berbahan dasar tumbuhan.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kalimantan Selatan, Supriadi mengatakan lebih 50 persen dari 500 lembar kemeja dan blouse sasirangan sudah terjual per 31 Juli 2022. Jumlah itu adalah total produk ekspor perdana pada 13 Juli lalu dari Banjarmasin ke Amerika Serikat.

Harga baju jenis kemeja dan blouse sasirangan di Kalimantan Selatan tembus 90 dolar AS atau Rp1.350.000 per lembar pada perdagangan Juli di Amerika Serikat.

"Kisaran 75 - 90 dolar AS, kebetulan yang dikirim sudah berupa baju dengan jahitan yang sangat bagus, harga di Banjarmasin kisaran Rp400.000-500.000," ujar Supriadi di Banjarmasin, Rabu seperti dikutip dari Antara.

Supriadi mengatakan, tahap awal pengiriman 500 lembar baju sasiringan. Tahap selanjutnya pengiriman dilakukan sebanyak 500-750 lembar menggunakan pesawat kargo.

"Umum yang pakai (baju sasiringan), rata-rata untuk mereka ibadah ke gereja, resepsi dan ada yang pake di kantor juga,".ujarnya.

Sementara itu, penjualan tas berbahan purun bekerja sama dengan Diaspora Indonesia di Amerika sebagai agen penjualan.

"Ada yang di jual di toko dan juga di rumah," ujar Supriadi.

Tas purunAntara/ Muhammad Fauzi Fadilah Tas purun

Produk tas purun disebar Supriadi ke sepuluh negara bagian di Amerika, diantaranya : Seattle, Colorado, Chicago, Las Vegas, New York, Los Angeles, Florida, Ohio, Nevada, dan Alabama.

Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.