Penyandang Disabilitas Bisa menjadi Kekuatan Ekonomi Kerakyatan

Kompas.com - 05/08/2022, 14:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Yayasan Perempuan Tangguh Indonesia (PTI) menyebut ada 31 juta disabilitas di Indonesia, dan berpotensi untuk dikembangkan sebagai kekuatan ekonomi.

Ketua Umum PTI, Myra Winarko dalam pertemuan dengan Kementerian Koperasi dan UKM menyebutkan bahwa para penyandang disabilitas jika diberdayakan akan menjadi pribadi yang mandiri.

 “Mereka adalah sumber daya manusia yang sangat berpotensi untuk terus dibina dan dikembangkan agar menjadi sosok mandiri secara finansial”, ujar Myra Winarko dalam keterangan resmi, Jumat (5/08/2022).

Baca juga: Indonesia Angkat Isu Akselerasi Adaptasi UMKM di Era Digital pada Forum G20

Untuk itu, YPI konsisten memberikan pelatihan kepada para disabilitas, yang meliputi MUA atau Makeup Artist, Chef, dan Bidang Seni (Art).

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, berharap PTI mampu menjadi inkubator bisnis bagi disabilitas.

"Dengan membangun sebuah ekosistem, diharapkan bisa secara berkelanjutan membantu menempatkan SDM disabilitas kepada perusahan-perusahaan yang ada di Indonesia”, ujar Teten.

Sejauh ini PTI telah mengembangkan ekosistem dengan dukungan perusahaan-perusahaan ternama, seperti PT Modena, PT Panasonic Gobel, PT Paragon (Wardah), Danar Hadi, PT Impack Pratama Tbk., dan hingga saat ini sudah menghasilkan banyak alumni disabilitas yang telah berhasil memulai bisnisnya sebagai UMKM.

Jangkauan disabilitas juga bukan hanya di wilayah DKI Jakarta saja, tetapi sudah berkembang hingga ke Bandung, Jawa Barat.

“Di Bandung PTI telah berhasil menciptakan kelompok kerja UMKM disabilitas yang memproduksi telor asin dan jajanan basah. Mereka bahkan telah mempunyai Brand tersendiri dengan nama Telor Asin 3 Jagoan yang sudah dipasarkan keberbagai tempat," ujar Myra.

 

Baca juga: Dorong Produk Lokal Tembus Ekspor, LPEI Lakukan Program Desa Devisa

Ekosistem pembiayaan juga telah didukung oleh Bank Sahabat Sampurna dan akan segera menyusul dalam waktu dekat Bank BCA dan Bank Mega.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.