Danau Toba Rally Dorong UMKM Kawasan Danau Toba Bergeliat

Kompas.com - 06/08/2022, 14:30 WIB

SIMALUNGUN, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mendorong bergeliatnya perekonomian di kawasan Danau Toba dengan mengadakan event Danau Toba Rally 2022.

Event ini diselenggarakan dengan menghadirkan berbagai pereli nasional untuk bertanding di kawasan konsesi hutan tanaman industri (HTI) PT Toba Pulp Lestari Tbk.

Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah menuturkan dengan diselenggarakannya reli ini, diharapkan banyak wisatawan yang datang ke kawasan Danau Toba, sekaligus menyukseskan program pemerintah menjadikan kawasan ini sebagai destimasi super-prioritas.

Baca juga: Dorong Produk Lokal Tembus Ekspor, LPEI Lakukan Program Desa Devisa

"Setidaknya saat event berlangsung, ada uang yang berputar minimal Rp 6 miliar di Parapat dan sekitarnya. Setelah itu, ada dampak lanjutannya, yakni akan datang lagi orang ke Danau Toba," ujarnya Jumat (5/8/2022).

Wagub mengungkapkan, untuk menyelenggarakan Danau Toba Rally 2022 ini, Pemprov Sumut berkolaborasi dengan berbagai pihak, di antaranya Ikatan Motor Indonesia dan PT Toba Pulp Lestari Tbk (TPL).?

"Saya mengapresiasi PT Toba Pulp Lestari Tbk yang menyediakan konsesinya sebagai jalur reli, meski kegiatan produksi terhenti sementara selama kegiatan," jelasnya.

Sementara itu Direktur PT TPL Anwar Lawden menyatakan, pihaknya mendukung acara Danau Toba Rally 2022 ini karena ingin membantu bergeraknya perekonomian kawasan Danau Toba melalui sport tourism.

Selain itu, hadirnya reli juga turut membantu bisnis para pelaku UMKM, seiring dengan banyaknya wisatawan yang datang dan berbelanja di kawasan Danau Toba.

"Dengan sport tourism ini, perekonomian bisa berkembang, karena banyak wisatawan datang ke Danau Toba, dan membeli produk-produk UMKM" kata Anwar.

Menurut Anwar, TPL dalam event Danau Toba Rally 2022 ini pihaknya menghadirkan UMKM binaan yang bergerak di bidang kopi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.