4 Alasan Warteg jadi Bisnis yang Punya Peluang Untung Besar

Kompas.com - 06/10/2022, 12:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Warung Tegal (Warteg) merupakan salah satu bisnis yang menjamur di Jakarta. Terkesan sederhana, tapi bisa menghasilkan omzet yang besar.

Warteg identik dengan konsep warung makan yang menyediakan hidangan rumahan dengan harga yang relatif murah. Harga yang murah tersebut karena warteg memang ditujukan untuk semua kalangan khususnya pekerja dan pendatang di kota-kota besar.

Ciri khas warteg yang bisa dijumpai adalah ukurannya yang tak terlalu besar serta lokasi yang strategis. Namun, deskripsi sederhana tersebut, tak membuat warteg jadi usaha kecil dengan keuntungan biasa tetapi menjanjikan peluang keuntungan bisnis cukup besar.

Berikut ini empat alasan Warteg jadi ide usaha yang menjanjikan.

1. Menyediakan Kebutuhan Utama Setiap Orang

Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok setiap orang. Namun, tak semua orang punya waktu untuk memasak.

Apalagi untuk kelompok pekerja dan pelajar. Warteg jadi salah satu pilihan tempat mencari makanan dengan harga terjangkau.

2. Punya Pasar yang Tetap

Usaha warteg secara tak langsung sudah memiliki pasar tetap, yaitu keluarga, pekerja, hingga pelajar. Mereka yang punya keterbatasan waktu dan membutuhkan makanan dengan harga yang masih terjangkau merupakan bagian dari peluang untuk menjadi pelanggan tetap.

Peluang tersebut akan semakin bertambah jika Anda dapat menyajikan makanan yang beragam serta rasa yang cocok dengan lidah calon konsumen.

3. Modal yang Bisa Disesuaikan dan tak perlu besar

Kembali ke konsep warteg sebagai warung makan dengan variasi menu rumahan, tentunya modal yang dibutuhkan tak besar. Setidaknya, tak akan sebesar restoran atau warung makan kelas atas dengan menu yang lebih terfokus.

Jika Anda dapat menemukan tempat membeli bahan baku yang tepat, modal yang dibutuhkan akan semakin bisa disesuaikan.

4. Observasi Lokasi Bisnis yang Mudah

Target pasar yang sudah ada membuat observasi lokasi dan bentuk tempat Warteg lebih mudah. Tak perlu banyak riset dan pengeluaran untuk observasi sebelum memulai usaha ini.

Anda hanya perlu mencari spot usaha di lingkungan target pasar yang sudah ditentukan. Misalnya lingkungan kos-kosan pekerja, area dekat universitas, atau lingkungan yang dekat area publik lainnya.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat Pasangiklan.com. Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales Pasangiklan.com sekarang.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.