Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ESB Targetkan 30.000 UMKM Gunakan ESB Digital Resto hingga Akhir 2023

Kompas.com - 20/10/2022, 09:00 WIB
Gabriela Angelica,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Esensi Solusi Buana (ESB) menargetkan 30.000 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menggunakan program ESB Digital Resto pada 30.000 hingga akhir 2023.

Chief Executive Officer ESB, Goenawan Woen menyampaikan harapannya untuk bisa membantu pelaku UMKM yang berfokus pada bidang food and beverages (FnB) lewat ESB Digital Resto.

"Kami sampai di akhir tahun depan (2023), itu menargetkan untuk merangkul 30.000 UMKM. Itu sebuah angka yang harusnya mudah ya," ujar Goenawan yang ditemui di ESB Digital Resto, Pantai Indah Kapuk, Rabu (19/10/2022).

Menurut Goenawan, angka tersebut mudah dicapai karena kerjasama ESB bersama dengan sebuah grup asosiasi di bawah Dinas Koperasi dan UKM. Menurutnya, mereka sudah bisa bertemu dengan 10.000 - 15.000 UMKM.

ESB yang merupakan perusahaan software enterprise resource planning (ERP), resmi meluncurkan inovasi terbarunya lewat ESB Digital Resto yang bertujuan untuk memberi gambaran teknologi ESB Point of Sale (POS) yang bisa membuat operasional suatu usaha lebih efisien.

Peluncuran inovasi ESB Digital Resto untuk UMKM ini berangkat dari permasalahan umum usaha FnB, khususnya yang berbentuk restoran atau kedai dalam hal sistem operasional dan transaksi pembayarannya, seperti masalah antrean kasir, sistem order menu yang kacau, hingga pencatatan pesanan yang tidak tertata.

Sehingga, ESB ingin membantu usaha FnB dalam problem solving hingga memberikan peluang untuk mengurangi operational cost usaha.

Terdapat beberapa program software yang ditawarkan oleh ESB, misalnya melalui ESB Lite, ESB Kitchen, ESB Loop, ESB Kiosk, dan beberapa varian software lain yang semua bermanfaat mengefisiensi sistem operasional sebuah usaha FnB.

Saat ini, ESB juga selalu melakukan pendekatan lewat sosialisasi dan pelatihan kepada UMKM dengan bantuan Pemerintah Daerah (Pemda).

"Kita cuma expect Pemda buka pintu, biar kita saja yang masuk, kita jadi project managernya untuk perkenalkan statistical analysis system (SAS), lakukan pelatihan, mengkonekkan mereka dengan bantuan modal. Jadi satu paket lengkap, supaya kita bisa dukung mereka jualan," tutur Goenawan.

Chief Operational Officer ESB, Eka Prasetya juga menyampaikan bahwa ESB berharap bisa berperan dalam digitalisasi UMKM yang sejalan dengan program pemerintah serta menjadi solusi dari permasalahan umum usaha kuliner, utamanya sebuah restoran.

"Karena sebenarnya, yang kita jual bukan hanya SAS tadi, tapi yang kita jual adalah solusi. Menjual solusi bagaimana agar restoran bisa berkembang," pungkas Eka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com