Kemenkop UKM Upayakan Percepatan Transformasi UMKM Lewat Garda Transfumi

Kompas.com - 24/11/2022, 20:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) terus mengedepankan upaya untuk mentransformasi usaha mikro lokal menjadi formal.

Bekerja sama dengan Mercy Corps Indonesia, Kemenkop UKM menjalankan program Garda Transformasi Formal Usaha Mikro (Transfumi) yang bertujuan mengubah usaha-usaha mikro dan kecil dalam negeri yang masih informal (belum memiliki legalitas) menjadi formal (badan usaha legal).

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki menyampaikan, target pemerintah untuk 2,5 juta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) sudah terlampaui.

"Tahun ini target kita 2,5 juta UMKM mendapatkan NIB, hari ini sudah terlampaui. Sekarang sudah 2,7 juta UMKM yang mendapatkan NIB," tutur Teten dalam acara Hari Apresiasi Garda Transfumi 2022 di Pos Bloc, Jakarta, Kamis (24/11/2022).

Dari total 64,2 juta UMKM dalam negeri, Teten mengakui data menunjukkan hampir setengahnya yang masih membutuhkan sertifikasi.

"Kalau kita targetkan 3 juta per tahun, menurut saya terlalu lama," ujar Teten.

Garda Transfumi hadir untuk turut mendukung percepatan upaya pemerintah dalam membantu pegiat UMKM yang membutuhkan dokumen legalitas dan kebutuhan teknis lainnya dalam menjalankan usaha secara formal.

Saat ini, tantangan dan hambatan yang masih kerap dihadapi UMKM adalah kurangnya akses dan keterampilan terhadap teknologi digital serta pelatihan operasional usaha mereka.

Oleh karena itu, perlu dilakukan pelatihan hingga pendampingan agar para pelaku UMKM yang masih memiliki keterbatasan tersebut bisa turut mentransformasikan usahanya di era digital ini.

Teten menegaskan, untuk saat ini pihaknya bersama Garda Transfumi masih memprioritaskan para pengusaha yang menetap atau memiliki lokasi tetap.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.