Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Bisnis "Guest House" yang Efektif dan Bisa "Cuan"

Kompas.com - 27/11/2022, 15:17 WIB

KOMPAS.com - Tidak hanya hotel atau villa, saat ini guest house pun kerap kali menjadi opsi penginapan bagi para wisatawan. Selain karena murah, fasilitas di dalamnya juga lengkap. Bahkan beberapa guest house sekarang telah menyediakan sarapan yang harganya sudah include di dalam harga penginapan.

Melihat banyaknya peminat guest house saat ini, Anda yang punya dana untuk membangun bisnis penginapan pastinya tergiur, kan? Agar bisnis ini lancar, lakukan tips berikut ini untuk memulainya dilansir dari Cermati.com:

1. Buatkan situs pemesanan

Semakin banyak aktivitas yang bisa dilakukan dengan adanya internet. Salah satunya untuk mencari guest house, makanya cobalah untuk membuat situs resmi untuk memudahkan konsumen saat melakukan pemesanan.

Selain untuk memesan, situs ini sendiri bisa dijadikan sebagai wadah untuk berbagi informasi. Misalnya, seputar tips mendapat guest house murah atau keuntungan menginap di guest house milik kamu.

Situs tersebut dapat menjangkau banyak konsumen. Jika dibekali dengan pemasaran yang baik, pasti banyak peminatnya.

2. Jalin kerjasama dengan mitra

Untuk menjangkau lebih banyak konsumen, jalinlah kerjasama dengan mitra berupa platform yang menyediakan layanan pemesanan penginapan online. Cara ini akan membantu konsumen untuk mengenal guest house milik Anda, apalagi kalau konsumen mencari penginapan yang budget-nya terjangkau.

Pilihlah mitra yang paling dipercayai oleh konsumen. Mengenai harga, tetapkan harga yang bersahabat agar guest house kelihatan lebih menarik.

3. Pemasaran lewat media sosial

Medis sosial mengambil andil penting dalam aktivitas pemasaran, terutama saat ini. Manfaatkanlah salah satu sosial media, seperti Instagram untuk memperkenalkan guest house kepada masyarakat luas.

Seringlah mengunggah konten yang ada hubungannya dengan guest house yang disewakan. Hitung-hitung untuk berbagi informasi kepada masyarakat untuk menjawab sebagian pertanyaan mereka. Misalnya, tentang tipe guest house, harga, syarat dan ketentuan menginap.

Baca juga: Tips Sukses dalam Menjalankan Usaha Penginapan

4. Memberikan hadiah gratis

Segala sesuatu yang gratis biasanya cepat menuai perhatian. Tidak ada salahnya untuk memberikan sesuatu secara cuma-cuma kepada setiap pengunjung. Misalnya, hadiah menginap 1 malam untuk minimal pemesanan 3 hari berturut-turut.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.