Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berawal dari Tugas Kuliah, Tiga Mahasiswa Ini Berhasil Raup Cuan dari Olahan Susu Kambing Etawa

Kompas.com - 04/01/2023, 09:00 WIB

PURWOREJO, KOMPAS.com - Pernahkah Kamu menikmati segarnya susu kambing ? Mungkin sudah banyak yang mencoba. Segar dan manis.

Namun, pernahkah Kamu mencoba makanan olahan susu kambing tetapi gurih dan pedas? Kalau belum, silahkan datang ke Purworejo, Jawa Tengah.

Di kabupaten yang terkenal dengan kambing etawa Ras Kaligesing ini, susu kambing diolah menjadi berbagai macam olahan yang unik dan lezat. Salah satu produknya adalah rice bowl dari susu kambing yang dinamakan Rice Bowl Toet.

Kambing etawa terkenal sebagai kambing kontes. Harga satu kambing etawa bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta. Selain dimanfaatkan untuk kontes, susu kambing ini melimpah di Kabupaten Purworejo.

Di tangan tiga mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP), resep rice bowl yang unik lahir. Bahkan dari hasil kreasinya, tiga mahasiswa tersebut bisa meraup pundi-pundi cuan.

Baca juga: Sedekah Kopi, Cara Haris Lee Promosikan Kopi Purworejo

Tiga mahasiswa kreatif tersebut yakni, Rashifah Suta Fauziyyah, Sefina Yunita dan Rani Puspita Sari. Mahasiswa yang baru dua tahun mengenyam bangku perkuliahan ini sudah mulai menjalankan bisnis Rice Bowl ciptaaannya sebagai usaha sampingan di tengah kesibukannya kuliah.

"Kami buat rice bowl, dan ada tambahan kata TOET yang berarti akronim dari tofu etawa, karena bahan bakunya dari susu kambing etawa," kata Rani Puspita Sari, Selasa (3/1/2023).

Bau prengus yang kerap muncul dari susu kambing ini hilang lewat tangan tiga gadis muda asal Purworejo ini. Mereka mengubahnya menjadi makanan lezat yang lebih mudah diterima masyarakat. Dalam menjual produknya, tak jarang mereka hadir stan kuliner di pameran-pameran.

Rani menyebut, usaha rice bowl dari susu kambing ini bermula dari kegelisahannya saat banyak yang tak menyukai susu kambing karena memiliki aroma prengus.

Pertengahan tahun 2022, Rani bersama dua orang temannya mencoba berinovasi membuat makanan dari susu kambing dengan menghilangkan bau prengus tersebut.

Baca juga: Berawal dari Bosan saat Pandemi, Pemuda asal Purworejo Ubah Pakis Hutan jadi Uang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.