Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkomitmen Tingkatkan Pembiayaan Sektor UMKM, Bank Aceh Resmikan Capem Seulimeum

Kompas.com - 06/01/2023, 09:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Dibukanya kantor Bank Aceh Cabang Pembantu Seulimeum merupakan bagian dari komitmen Bank Aceh Syariah dalam meningkatkan pembiayaan kepada sektor UMKM di provinsi setempat, dengan terus memperluas jangkauan kepada masyarakat.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama (Dirut) Bank Aceh, Bob Rinaldi mengatakan, pembukaan jaringan kantor yang ke-182 di Seulimuem ini, merupakan bagian memberikan akses layanan transaksi keuangan yang lebih baik dan lebih mudah bagi masyarakat sekitar Kecamatan Seulimeum.

Hal itu ia sampaikan di sela-sela peresmian kantor Bank Aceh Cabang Pembantu Seulimeum bersama Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, pada Kamis (5/1/2023).

Baca juga: KemenkopUKM Targetkan 24 Juta UMKM Masuk Ekosistem Digital Tahun 2023

Menurut Bob, Seulimeum merupakan wilayah potensial dan memiliki prospek pertumbuhan yang sangat baik, terutama di sektor pertanian, peternakan, dan perkebunan.

“Kami yakin, Bank Aceh Capem Seulimeum dapat berperan sebagai lembaga intermediasi bagi masyarakat pada ketiga sektor tersebut, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, terutama di sektor UMKM,” katanya seperti dikutip dari Antara.

Selain itu, kehadiran Bank Aceh Capem Seulimeum juga diharapkan dapat meningkatkan akselerasi kinerja keuangan yang positif bagi Bank Aceh Cabang Jantho yang sudah berdiri sejak 2008 silam, serta terus menunjukkan kinerja positif.

Lebih lanjut Bob mengungkap, aset Bank Aceh Cabang Jantho pada tahun 2021 tercatat senilai Rp1,025 triliun, yang kemudian meningkat sebesar 10 persen pada tahun 2022 menjadi Rp1,129 triliun.

Selanjutnya Dana Pihak Ketiga (DPK) pada tahun 2022 sebesar Rp 1,003 triliun, juga naik 10 persen menjadi Rp1,102 triliun. Sementara pembiayaan dalam tahun 2021 sebesar Rp549,7 miliar naik 16 persen pada tahun 2022 menjadi Rp638,7 miliar.

Transformasi digital untuk kemudahan nasabah

Untuk memudahkan nasabah, pada November 2022 lalu Bank Aceh juga telah meluncurkan layanan internet Banking Action Bisnis sebagai platform terbaru dari Bank Aceh untuk memenuhi kebutuhan nasabah, terutama nasabah korporasi, baik pemerintah maupun swasta, termasuk sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Baca juga: Penggunaan Software Digital Bantu Bisnis UMKM F&B Berkembang

Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto sangat mengapresiasi Bank Aceh yang telah mendukung berbagai upaya peningkatan ekonomi daerah.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi suatu daerah sangat dipengaruhi oleh sektor perbankan yang baik.

Pasalnya, semakin banyak perbankan membuka layanan di suatu daerah akan menjadi cerminan, bahwa perekonomian di daerah tersebut mengalami pertumbuhan.

“Perbankan bisa menyalurkan berbagai skim pembiayaan dalam membantu pelaku usaha mikro, kecil dan menengah. Pembiayaan yang dikucurkan oleh Bank Aceh selama ini di Kabupaten Aceh Besar sangat berperan dan memicu pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Peresmian Capem Seulimum juga turut ditandai dengan penandatanganan akad Pembiayaan Qardhul Hasan bagi nasabah binaan UMKM Bank Aceh.

Bob menekankan, Bank Aceh sebagai bank kebanggaan masyarakat Aceh akan terus melakukan transformasi digital untuk menghadirkan layanan prima bagi nasabah.

Baca juga: Inovasi Jadi Kunci Produk UMKM Bertahan di Tengah Ekonomi Digital

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com