Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KemenkopUKM Targetkan 24 Juta UMKM Masuk Ekosistem Digital Tahun 2023

Kompas.com - 26/12/2022, 15:28 WIB
Gabriela Angelica,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menargetkan sebanyak 24 juta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bertransformasi digital pada tahun 2023.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki menyampaikan, target 24 juta UMKM yang masuk ke ekosistem digital ini akan diikuti dengan peningkatan angka pada tahun 2024.

"Di 2023 Kementerian Koperasi dan UKM menargetkan secara nasional 24 juta UMKM onboarding digital yang nantinya kita harapkan di 2024 mencapai 30 juta," papar Teten saat acara Refleksi 2022 dan Outlook 2023 KemenkopUKM di Jakarta, Senin (26/12/2022).

Teten berharap semakin banyak UMKM yang dapat mengakses market digital. Menurut data KemenkopUKM, sampai saat ini, sudah terdapat 20,76 juta UMKM yang onboarding digital.

"Berarti sekitar 10 juta dalam dua tahun ke depan yang masih perlu dikejar. Tentu ini perlu strategi yang tepat untuk menyasar UMKM yang ada di secondary city yang saat ini belum bisa mengakses marketplace digital," tutur Teten.

Teten menjelaskan, pihaknya juga akan memanfaatkan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) dan pendampingan-pendampingan UMKM di secondary city tersebut.

KemenKopUKM juga bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mengembangkan platform atau aplikasi digital yang lebih cocok untuk UMKM.

"Karena dalam evaluasi kami, banyak usaha mikro yang tidak bisa bertahan berjualan di marketplace dalam skala nasional itu disebabkan oleh kapasitas produksi mereka yang terbatas," jelas Teten.

Teten mengungkapkan, melalui salah satu programnya, yaitu Pahlawan Digital, mereka mencoba menemukan solusi dari permasalah tersebut. Sampai saat ini pun, program atau acara Pahlawan Digital sudah dilaksanakan sebanyak dua kali.

"Saya pikir, program ini akan memberikan dampak dan kesempatan bagi usaha-usaha mikro sekali pun kapasitas produksi mereka terbatas, mereka tetap bisa berjualan secara online," ungkap Teten.

Transformasi digital UMKM sendiri merupakan salah satu agenda penting bagi Kemenkop UKM dan mereka sudah membentuk Program Management Officer (PMO) khusus untuk hal ini.

Mereka yang tergabung akan memiliki tugas untuk melakukan penyusunan road map transformasi digital, rencana internal dan eksternal digitalisasi UMKM, serta membuat dashboard perihal UMKM go digital.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com