Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UMKM Mulai Menikmati Tren Pemulihan Ekonomi

Kompas.com - 18/01/2023, 15:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan penyedia solusi e-commerce SIRCLO memproyeksikan UMKM bisa mulai menikmati pertumbuhan seiring dengan tren pemulihan ekonomi.

Komisaris SIRCLO Group Triawan Munaf menuturkan, memasuki era pasca-pandemi, tren pemulihan ekonomi terlihat cukup menjanjikan.

"Ini tentu menguntungkan bagi para pelaku UMKM sebagai salah satu pilar ekonomi nasional yang banyak berkontribusi terhadap penciptaan lapangan pekerjaan, pengentasan kemiskinan, inovasi hingga pertumbuhan ekonomi," ujar Triawan dalam keterangan resmi, Sabtu (14/1/2023).

Baca juga: 5 Tips Sukses Merintis Usaha Rice Bowl Rumahan

Triawan menuturkan, untuk bisa menikmati tren pertumbuhan ekonomi serta perubahan bisnis, pelaku UMKM perlu memiliki pola pikir yang resilien serta kemampuan untuk mengeksplorasi produk yang menjawab permintaan pasar.

Selain itu, diperlukan terobosan inovatif serta sinergi yang apik antara pemerintah dan pelaku UMKM Indonesia agar dapat menembus pasar global.

Terkait dengan upaya untuk meningkatkan kapasitas UMKM, SIRCLO menggelar sejumlah program. 

Salah satu program yang baru saja dijalankan adalah Hari apresiasi LokaLokaL yang digelar pada Sabtu (14/01/2023). Program ini merupakan program pemberdayaan UMKM dari SIRCLO yang telah sukses dilaksanakan sepanjang tahun 2022.

Lainnya adalah program Panen Omset dan JaLan (Jago Jualan) bareng SIRCLO. Program ini dilaksanakan bersama Smesco Kemenkop UKM.

Baca juga: 4 Cara Membangun Bisnis Pakaian Tanpa Modal

Direktur Smesco Indonesia Leonard Theosabrata mengapresiasi kesuksesan program Panen Omset.

“Kolaborasi perdana Smesco Indonesia dengan SIRCLO ini sukses menghasilkan pengembangan fitur teknologi yang instan, mudah, dan sederhana. Kami pun sangat mengapresiasi antusiasme dari teman-teman UMKM Smesco yang telah berpartisipasi dalam program ini," ungkapnya.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat Pasangiklan.com. Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales Pasangiklan.com sekarang.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.